Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Republik Indonesia menggelar Pameran Foto Pilpres 2014 di Mall Kota Kasablanca, Jakarta, agar masyarakat bisa melihat berbagai dokumentasi kegiatan Polri dalam mengamankan Pilpres 2014.

"Acara ini dimaksudkan agar masyarakat bisa melihat dokumentasi berbagai kegiatan pengamanan Polri selama Pilpres berlangsung," kata Ketua Panitia Lomba Foto Pilpres 2014, Brigjen Boy Rafli Amar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, penyelenggaraan Pemilu merupakan sarana demokrasi bagi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam politik. Melalui lomba dan pameran foto ini, masyarakat bisa melihat secara langsung dokumentasi kinerja Polri dalam mengamankan jalannya Pemilu.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan kemitraan Polri dengan insan pers, mendorong masyarakat untuk mendokumentasi kegiatan Polri dan menumbuhkan rasa kebersamaan seluruh pemangku kepentingan.

Acara ini merupakan kerja sama Divisi Humas Mabes Polri dengan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI).

Penyelenggaraan lomba foto bertema "Sinergitas Polri dengan Mitra Dalam Pengamanan Pilpres 2014" ini berlangsung pada 1 Juni - 16 September 2014.

Sebanyak 141 orang peserta berpartisipasi yang terbagi menjadi tiga kategori yakni jurnalis, umum dan anggota internal Polri. "Dari jurnalis ada 16 orang, kategori umum ada 82 orang dan anggota Polri ada 43 orang," kata kepala biro penerangan masyarakat ini.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 131 lembar foto masuk ke panitia.

Sementara juara utama lomba foto dibagi tiga yakni juara 1, juara 2 dan juara 3. Para juara tersebut berhak mendapatkan trofi dan plakat serta uang sebesar Rp10 juta untuk juara 1, juara 2 Rp7,5 juta dan juara 3 Rp5 juta.

Selain juara utama, dalam tiga kategori yang dilombakan tersebut, juga dipilih 10 juara favorit yang masing-masing berhak atas hadiah Rp500 ribu.

Karya peserta lomba dalam acara tersebut dinilai oleh pemimpin Darwis Triadi School of Photography, Darwis Triadi.

Kata Boy, seluruh foto para pemenang akan dipamerkan dalam Pameran Foto Pilpres 2014 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta sejak Kamis (6/11) hingga Minggu (9/11).
(A064)

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014