Amman (ANTARA News) - Irak mencari dukungan militer Yordania dalam melatih pasukannya memerangi kelompok jihad Negara Islam (ISIS), kata Ketua Parlemen Irak Minggu saat berkunjung ke Amman.

"Kami yakin kami membutuhkan dukungan dari Kerajaan Yordania dalam pelatihan pasukan keamanan kami," kata Salim al-Juburi dalam konferensi pers, lapor AFP.

"Ini akan menjadi agenda pembicaraan kami dengan saudara-saudara kami di Yordania dan kami berpikir bahwa kerajaan memiliki peran penting untuk bermain di kawasan ini," kata Juburi, berbicara bersama rekan Yordanianya, Atef Tarawneh.

Juburi menunjukkan bahwa Turki, tetangga lain dari Irak, telah menawarkan dukungan militernya dalam memerangi ISIS, yang telah menyita sejumlah bagian wilayah Irak dan Suriah.

Yordania berbatasan dengan Provinsi Anbar, Irak, dan banyak yang telah dikuasai oleh ISIS, serta merupakan salah satu dari beberapa negara Arab yang turut mengambil bagian dalam serangan udara pimpinan AS terhadap kelompok garis keras di Suriah. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014