Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman menemui sejumlah warga Pulau Laut Kepulauan Natuna Kepulauan Riau (Kepri) dan menampung aspirasi mereka soal kemudahan menjadi anggota kepolisian.

"Warga Pulau Laut menyampaikan aspirasi salah satunya rekrutmen penerimaan anggota Polri agar diberikan kemudahan," kata Sutarman melalui keterangan tertulis di Jakarta Sabtu.

Pada kesempatan itu, Sutarman berdialog dengan tokoh masyarakat dan perwakilan warga setempat antara lain Camat Pulau Laut Illyas Sabli.

Sutarman menuturkan warga Pulau Laut meminta Polri memberikan persyaratan yang mudah dalam seleksi menjadi anggota kepolisian seperti syarat fisik dan akademis.

"Sehingga ada warga Pulau Laut yang menjadi polisi setempat," ujar jenderal polisi bintang empat itu.

Terkait usulan itu, Sutarman telah meminta Kapolda Kepri Brigadir Jenderal Polisi Arman Depari menyesuaikan sistem perekrutan anggota Polri.

Saat ini pulau yang berbatasan dengan Malaysia, Thailand dan Vietnam itu memiliki subsektor kepolisian yang akan ditingkatkan menjadi kepolisian sektor (Polsek). Bantuan berupa lima unit sepeda motor diberikan untuk operasional Polsek Pulau Laut.

Sementara itu, selain mengharapkan kemudahan perekrutan anggota kepolisian, lanjut Sutarman, warga desa dengan jumlah penduduk 2.700 jiwa itu meminta saluran penerangan dan bantuan kapal untuk transportasi antardaerah.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014