Jakarta (ANTARA News) - Indonesia melaju ke babak final setelah unggul selisih game atas Malaysia dalam semifinal Axiata Cup 2014 di Kuala Lumpur Badminton Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu.

"Kami bersyukur dapat lolos ke final. Meski skornya imbang 2-2, kami bisa menang selisih game. Tentu ini tidak lepas dari kerja keras pada atlet kita," kata Manajer Tim Indonesia Aryono Miranat seperti dikutip Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Aryono mengatakan kemenangan Indonesia dilatarbelakangi kepercayaan seluruh tim kepada para atlet, termasuk memasangkan atlet senior Markis Kido dan atlet junior Kevin Sanjaya Sukamuljo dalam kategori ganda putra.

"Pada final nanti, tentu kami tidak dapat memilih ingin melawan siapa. Yang pasti, kami akan tetap menurunkan susunan pemain terbaik, siapa pun lawannya nanti," kata pria yang kerap disapa koh Ar itu.

Indonesia mengimbangi perolehan skor Malaysia dalam kategori tunggal putra dan ganda campuran.

Tommy Sugiarto yang mewakili Indonesia dalam tunggal putra melibas Chong Wei Feng 21-16 dan 21-19.

"Turun di game pertama pastinya kalau tekanan ada. Sebisa mungkin saya ingin menjadi pembuka jalan bagi teman-teman agar bisa lebih percaya diri," kata Tommy.

Pada ganda campuran, Riky Widianto/Richi Puspita Dili sukses menaklukkan Chan Peng Soon/Lai Pei Jing dengan 21-14 dan 22-20.

Namun, Indonesia tertinggal pada kategori tunggal putri setelah Bellaetrix Manuputty dikalahkan Tee Jing Yi 21-13, 20-22, dan 19-21.

Pasangan atlet senior dan atlet junior Kido/Kevin juga tidak dapat menyumbangkan angka bagi Indonesia setelah menyerah kepada ganda putra Malaysia Tan Boon Heong/Tan Wee Kiong 10-21, 21-13, dan 18-21.

Keunggulan Indonesia atas selisih game terhadap Malaysia membuat pelatih Malaysia Rashid Sidek kecewa.

"Semua pemain sudah memberikan yang terbaik. Hanya memang pada kategori ganda campuran kamu terus tertekan. Mereka tidak dapat mengeluarkan permainan terbaiknya, harusnya mereka tampil lebih baik dari tadi," kata Sidek.

Babak penyisihan Axiata Cup 2014 digelar mulai Kamis (27/11) di Stadion Britama Arena Jakarta hingga Rabu (3/12), sedangkan semifinal dan final digelar Sabtu (6/12) dan Minggu (7/12) di Kuala Lumpur Badminton Stadium.

Panitia kejuaraan berhadiah total satu juta dolar AS itu menetapkan harga tiket masuk Rp75 ribu untuk kelas VIP dan Rp25 ribu untuk kelas reguler.





Pewarta: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014