Jabatan enggak boleh menunjuk ke pangkat, tapi fungsi"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginginkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) setara dengan gaji pegawai swasta.

Dalam sambutan pelantikan pejabat eselon I dan II di Kementerian Perhubungan, hari ini, Jonan mengaku usul ini telah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan tujuan agar kinerja pegawainya meningkat.

"Jabatan enggak boleh menunjuk ke pangkat, tapi fungsi, nanti kasihan, masak lebih besar gaji penjaga palang pintu kereta sebesar Rp7 juta?," katanya.

Jonan mengatakan kenaikan gaji dan tunjangan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dan saat ini Kemenhub sedang mengusulkannya.

"Ada di Pak Presiden, kamu tanya sana ya," katanya kepada wartawan.

Sekitar pukul 16.30 WIB, Jonan melantik Harry Kriswanto sebagai Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Mohammad Alwi sebagai Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara dan Eddy Gunawan sebagai Direktur Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Ditjen Perhubungan Laut (ASDP).

Pejabat yang akan dilantik selanjutnya adalah Ditjen Perhubungan Udara yang posisinya telah lama kosong, sementara posisi Dirjen Perhubungan Udara dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bambang Tjahjono.

Jonan mengaku sudah mengusulkan kepada Presiden dan telah melalui proses penilaian atau assessment.

"Saya jelaskan semaksimal yang saya ketahui sebelum beliau (Presiden Jokowi) ke Korea," kata Jonan.




Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014