Jakarta (ANTARA News) - Rabu dini hari WIB nanti 16 tim penghuni Grup A-D Liga Champions Eropa akan melakoni laga penutup fase penyisihan grup di sedikitnya delapan kota di sepenjuru Eropa.

Sedikitnya lima tim telah memastikan diri bakal melaju ke babak 16 besar yakni Atletico Madrid dari Grup A, Real Madrid dari Grup B, Bayer Leverkusen dari Grup C dan Borussia Dortmund serta Arsenal untuk Grup D.

Enam tim lain masih berpeluang untuk melangkah ke babak 16 besar yakni Juventus dan Olympiakos di Grup A, Basel dan Liverpool di Grup B serta AS Monaco dan Zenit Saint Petersburg di Grup C.

Berikut adalah peluang-peluang klasemen akhir tiap grup berdasarkan analisis ANTARA News menyimak data sementara yang disajikan situs UEFA.com.

Grup A
Atletico Madrid kini memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 12 poin dan akan bertandang Stadion Juventus Arena, menghadapi wakil Italia Juventus yang menempati peringkat kedua dengan koleksi 9 poin.

Atletico sudah dapat dipastikan melangkah ke babak 16 besar, namun bisa jadi tergusur tempatnya di puncak klasemen apabila mengalami kekalahan dengan selisih dua gol atau lebih dari Juventus.

Dengan demikian, Juventus bukan hanya berpeluang memperoleh tiket ke babak 16 besar namun juga menyandang gelar juara Grup A apabila menang dengan selisih dua gol atas Atletico.

Akan tetapi, Juventus harus berhati-hati dengan ancaman dari Olympiakos (6) yang akan menjamu wakil Swedia, Malmo FF, di laga penutup fase penyisihan grup.

Pasalnya, apabila Juventus menelan kekalahan dari tim tamu, Atletico, sementara di Stadion Karaiskaki, Olympiakos memperoleh kemenangan, maka wakil Yunani tersebut akan melaju ke babak 16 besar, menggusur tempat Juventus. 

Bila skenario itu terjadi Olympiakos akan lolos dengan perolehan poin yang sama dengan Juventus, 9 poin, namun unggul dalam perhitungan head-to-head agresivitas gol tandang. Sebab dalam dua kali pertemuan melawan Juventus, Olympiakos meraih kemenangan 1-0 di kandang sendiri dan kalah 3-2 dalam laga tandang.

Grup B
Juara bertahan Real Madrid kini bercokol di puncak klasemen dengan perolehan 15 poin dan berpeluang untuk memungkasi fase penyisihan grup dengan catatan sapu bersih memenangi enam laga saat menjamu wakil Bulgaria, Ludogorets Razgrad, di Stadion Santiago Bernabeu. Madrid sudah pasti lolos, dan Ludogorets sudah pasti tersingkir.

Tontonan sesungguhnya di Grup B adalah kala Liverpool menjamu Basel di Anfield. Kedua tim masih berpeluang untuk menjadi wakil Grup B di babak 16 besar.

Basel, berada di atas angin karena saat ini menempati peringkat kedua dengan raihan 6 poin, sementara Liverpool masih tertahan dengan 4 poin. Sehingga wakil Swiss itu hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos.

Akan tetapi, Basel harus berhati-hati sebab dukungan publik Anfield bukan tak mungkin memicu semangat tim yang telah mengoleksi lima kali gelar juara kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu. Terlebih, Liverpool tentunya tidak ingin cepat-cepat menyudahi merasakan kembali atmosfer Liga Champions yang beberapa musim belakangan tak pernah mereka rasakan itu.

Grup C
Wakil Jerman, Bayer Leverkusen, sudah dipastikan melangkah ke 16 besar dan saat ini menempati puncak klasemen dengan koleksi 9 poin. Mereka akan bertandang ke markas Benfica di Estadio da Luz, dan hasil laga tersebut hanya akan mempengaruhi posisi akhir Leverkusen apakah di peringkat pertama atau kedua.

Kalau menang, praktis Leverkusen memuncaki klasemen.

Sementara itu laga hidup mati juga terjadi di Stadion Louis II, saat tuan rumah Monaco yang menempati peringkat kedua klasemen sementara dengan 8 poin akan menjamu Zenit St Petersburg penghuni peringkat ketiga dengan 7 poin.

Monaco hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos, bahkan sekaligus menggusur Leverkusen dari puncak klasemen apabila tim binaan Roger Schmidt itu memperoleh hasil seri atau kalah melawan Benfica. Praktisnya, Monaco bisa memuncaki klasemen dengan syarat menang atau seri sementara Leverkusen seri atau kalah.

Sedangkan wakil Rusia, Zenit, berpeluang untuk memperoleh tiket ke 16 besar hanya dan hanya jika memenangi laga. Tidak ada kondisi lain.

Grup D
Dua laga penutup di Grup D boleh dibilang tidak seramai tiga grup lain yang memainkan jadwal pamungkas fase penyisihan grup dini hari nanti.

Pasalnya Dortmund dan Arsenal sudah pasti lolos ke babak 16 besar.

Akan tetapi, Dortmund yang saat ini menempati puncak klasemen dengan perolehan 12 poin hanya butuh hasil seri melawan Anderlecht untuk menjuarai Grup D dengan catatan, Arsenal tidak memperoleh kemenangan dengan selisih gol lebih dari enam.

Sementara syarat bagi Arsenal untuk menjuarai Grup D lebih banyak, skenario pertama mereka menang dan Dortmund kalah, skenario kedua Dortmund seri sementara mereka memenangi laga dengan selisih lebih dari enam gol.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014