Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior PAN Zulkifli Hasan memilih untuk fokus mengurus MPR daripada maju dalam pemilihan ketua umum PAN di Kongres 2015.

"Saya mau mengurus MPR dulu lah," kata Zulkifli di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis.

Zulkifli mengatakan Kongres PAN sudah diputuskan akan dilaksanakan pada Maret 2015 di Bali. Menurut dia, nama-nama calon ketum PAN yang beredar adalah Hatta Radjasa dan Dradjad Wibowo.

"Nama-nama yang beredar di media (calon ketum PAN) adalah Pak Hatta dan Pak Dradjad," ujarnya.

Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy mengungkapkan ada tiga kandidat calon ketua umum PAN periode 2015-2020 yang akan "bertarung" di Kongres 2015.

"Kongres PAN sekitar bulan Maret atau April, yang muncul ada Zulkifli (Hasan), Hatta (Rajasa), dan Dradjad (Wibowo)," kata Tjatur di Gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (16/12).

Tjatur mengatakan belum tahu siapa calon terkuat yang akan bertarung dalam kongres tersebut. Namun, dia menilai aspirasi di akar rumput partai masih menginginkan Hatta jadi ketua umum, karena perolehan suara PAN di Pemilu 2014 naik.

"Belum tahu (calon kuat), tapi ada beberapa teman yang katakan bersama Hatta, PAN suaranya naik," ujarnya.

Menurut Tjatur, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais sebagai pendiri partai, tegas membuka ruang demokrasi dalam pemilihan ketua umum nanti.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014