Bukares (ANTARA News) - Petugas meteorologi Romania pada Rabu (24/12) mengumumkan negara tersebut menghadapi Malam Natal paling hangat sepanjang sejarah.

Malam Natal tahun ini mencatat temperatur tinggi di seluruh negeri tersebut dan di Ibu Kotanya, Bukares, dengan hampir 15 derajat di atas normal, kata Viorica Dima, petugas meteorologi bagi Dinas Administrasi Meteorologi Nasional.

"Biasanya pada saat ini, sekitar Natal, kami menghadapi temperatur pada siang hari di seluruh negeri ini antara tiga dan lima derajat Celsius. Pada malam hari, temperatur berkisar antara minus 11 dan minus satu derajat Celsius," kata petugas meteorologi itu, sebagaimana dikutip Xinhua, Kamis siang. Ia menambahkan mereka pada Rabu mencatat temperatur 19 derajat Celsius di Kota Tagoviste di bagian selatan, sementara di Bukares temperatur mencapai 16 derajat Celsius.

Menurut petugas meteorologi itu, pernah selama beberapa tahun temperatur tercatat lebih tinggi pada Desember. Tapi pada Malam Natal tahun ini, temperatur mencapai yang tertinggi selama 50 tahun, sejak catatan meteorologi mulai dibuat di beberapa daerah di bagian selatan, termasuk Bukares.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014