Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Golongan Karya (Golkar) hasil Munas IX Ancol, Zainuddin Amali, menyebutkan bahwa situasi politik 2015 akan terus memanas bila tidak segera diatasi atau dilakukan langkah konsolidasi, baik oleh pemerintah maupun oleh partai politik.

"Pertikaian di internal Golkar dan PPP sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap perpolitikan nasional karena kedua partai ini punya kursi signifikan di parlemen. Kalau parlemen terganggu, maka program pemerintah juga akan kena imbas," katanya di Jakarta, Senin.

Untuk partai politik, ia menilai, pertikaian internal yang terjadi di Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) harus segera diselesaikan.

Oleh karena itu, ia menyarankan, kepada kedua partai itu untuk segera mengakhiri konflik internal.

"Makanya, kedua partai ini harus secepat mungkin menyelesaikan konflik internalnya. Tahun 2015 akan ada agenda pilkada serentak. Ini juga akan memanaskan suasana perpolitikan nasional," katanya.

Dari sisi pemerintah, ia juga meminta pemerintah untuk melakukan konsolidasi ke semua elemen.

"Pokoknya, tahun 2015 merupakan tahun konsolidasi buat pemerintahan Jokowi-JK. Kalau lolos di fase konsolidasi ini, maka selanjutnya akan mulus perjalanan pemerintahan ini," demikian Zainuddin.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014