Bangkok (ANTARA News) - Sebanyak 49 persen dari kecelakaan lalu lintas pada hari Tahun Baru dihasilkan dari pengemudi mabuk, diikuti oleh 24 persen karena ngebut, kata Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Dr Rajata Rajatanavin Jumat.

Rajata mengatakan mengemudi di bawah pengaruh alkohol tetap menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Thailand dalam tiga hari terakhir.

Ia mengatakan, kementerian memerintahkan kantor kesehatan masyarakat provinsi untuk melanjutkan kampanye mendesak orang-orang untuk tidak mengemudi setelah minum alkohol.

Pengemudi harus selalu mengenakan sabuk pengaman sementara pengendara sepeda motor harus memakai helm karena kebanyakan kecelakaan di Hari Tahun Baru setiap tahun melibatkan sepeda motor.

Sejauh ini 20 korban kecelakaan di jalan yang berusia di bawah 20 dengan empat kematian akibat mengemudi dalam keadaan mabuk, katanya.

Selama tiga hari pertama dari tujuh hari masa pemantauan kecelakaan di jalan untuk liburan Tahun Baru, para pejabat penyelamatan mampu mencapai tempat kecelakaan dalam 10 menit diperlukan dan mengirim 4.510 korban luka ke rumah sakit guna perawatan, Rajata menambahkan.

Dia mengatakan bahwa selama tiga hari terakhir, 190 orang meninggal ketika 1,782 orang lainnya luka-luka dalam 1.737 kecelakaan di jalan nasional.  Demikian laporan TNA.

(Uu.H-AK/H-RN)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015