Baku (ANTARA News) - Azerbaijan Rabu mengatakan bahwa kementerian keamanannya telah menangkap 10 orang yang diduga berjuang dengan kelompok garis keras Islam di Suriah dan merekrut pejuang lainnya dari bekas negara Soviet.

"Sebagai hasil dari operasi oleh kementerian keamanan nasional, 10 warga Azerbaijan yang telah berjuang di Suriah ditangkap," kata kementerian itu dalam satu pernyataan, lapor AFP.

Dikatakan, sepuluh yang ditangkap pada tahun 2014 telah mengambil rute illegal untuk memasuki Suriah, menjalani pelatihan militer di negeri itu dan berpartisipasi dalam "operasi militer sebagai bagian dari kelompok militer yang melanggar hukum Azerbaijan dan Suriah."

Para pria itu juga dituduh "merekrut warga Azerbaijan untuk operasi militer di luar negeri ... atas dasar intoleransi agama."

Bangsa Kaukasus Azerbaijan adalah mayoritas Muslim tetapi secara resmi bernegara sekuler dengan penduduk 9,5 juta. Kepemimpinannya telah lama khawatir tentang penyebaran Islam radikal terutama di kalangan sejumlah besar pemuda pengangguran yang merasa ditinggalkan oleh ledakan minyak.

Pada September, Azerbaijan menangkap 26 orang karena diduga berjuang dengan pejihad Negara Islam (ISIS).

(Uu.H-AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015