Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham PT Bank Of India Indonesia Tbk (BSWD) karena bergerak di luar kebiasaan dibandingkan periode sebelumnya (unusual market activity/UMA).

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham BSWD yang di luar kebiasaan," kata Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Irvan Susandy dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan, BEI telah meminta konfirmasi kepada perusahaan tercatat pada tanggal 8 Januari 2015. Sampai saat ini Bursa masih menunggu jawaban konfirmasi dari perseroan.

"Informasi terakhir yang dipublikasikan oleh Bursa adalah informasi tanggal 2 Januari 2015 mengenai hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB)," paparnya.

Sehubungan dengan terjadinya UMA tersebut, BEI mengharapkan agar investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, dan mencermati kinerja perseroan dan keterbukaan informasinya.

Selain itu, investor juga diharapkan mengkaji kembali rencana aksi korporasi perseroan, apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. Dan, mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari, sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

"Pengumuman UMA, tidak serta merta menunjukan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal," kata Irvan Susandy.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015