Jayapura (ANTARA News) - Satu truk, yang membawa anak-anak, jatuh ke jurang di pertigaan jalan yang menurun di dekat kampus baru Universitas Cendrawasih di Abepura, Jayapura, Papua, Minggu, menewaskan 9 orang dan 30 lainnya luka-luka.

Adolof Tenoye, saksimata sekaligus yang menolong para korban, saat ditemui di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, Minggu malam, mengatakan, truk tersebut jatuh sekitar pukul 12.00 WIT di jalan kawasan Perumnas III Waena.

Menurut Adolof, truk itu mengangkut anak-anak kompleks Argapura, Distrik Jayapura Selatan, tepatnya di Jalan Pipa dan mereka hendak berekreasi ke kali Kampwolker.

"Mereka datang dari Argapura mau piknik di Kampwolker, mereka sewa truk, satu orang kumpul Rp 20 ribu untuk ongkos truk," katanya.

Sudah sewa truk, Adolof menjelaskan, mereka lewat di jalan alternatif Wali Kota tembus Perumnas III Waena.

Persis dipertigaan menurun menuju Uncen Perumnas III Waena, truk yang ditumpangi remnya blong, akhirnya langsung jatuh ke jurang di dekat pertigaan itu.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, 9 orang tewas. Tiga di antaranya meninggal di Rumah Sakit Dian Harapan Perumnas II Waena dan enam orang di Rumah Sakit Umum Daerah Abepura, dan 30 orang lainnya menderita luka-luka.

Tigapuluh orang yang mengalami luka-luka sementara dirawat di Rumah Sakit Dian Harapan dan RSUD Abepura.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015