Sydney (ANTARA News) - Australia tampil perkasa dengan menciptakan empat gol tanpa balas melawan Oman di ANZ Stadium untuk laga Piala Asia.

Empat gol Australia dicetak oleh Matt McKay pada menit 27, Robbie Kruse menit 30, penalti Mark Milligan menit 45, dan Tomislan Juric menit 70.

Dengan kemenangan ini, Australia menyamakan poin Korea Selatan yaitu enam poin. Sementara Oman mengoleksi nol poin.

Australia dan Korea Selatan akan saling berhadapan di pertandingan penentuan juara Grup A pada 17 Januari 2015.

Australia menguasai pertandingan sejak awal dengan melesakkan tiga gol di babak pertama.

Gol pertama terjadi lewat sepak pojok. Matt McKay yang berada di depan gawang menyundulnya dan tak bisa dihentikan Al Habsi.

Tiga menit kemudian Australia kembali menggandakan keunggulan. Berawal dari Luongo yang memberikan umpan ke Kruse dan tak bisa ditepis Al Habsi.

Jelang pertandingan usai, Australia menjauhi kejaran Oman lewat penalti yang dilesakkan Milligan menit 45. Oman 0-3 Australia.

Menit 66 pemain pengganti Bresciano memberikan bola kepada Kruse. Namun, tendangan Kruse bisa ditepis Al Habsi.

Menit 70 Australia 4-0 Oman. Berawal dari pergerakan Leckie di kiri dan melepaskan umpan silang ke Juric di kotak penalti. Kemudian bola melewati Al Habsi.

Oman mendapat peluang menit 75 ketika Johar melepaskan tendangan bebas, tetapi membentur pemain Australia. Kemudian dia mengambil bola rebound, tetapi melebar.

Oman menguasai 30 persen pertandingan, sementara Australia 70 persen. Dengan tendangan ke arah gawang dua berbanding sembilan untuk keunggulan Australia.

Berikut ini susunan pemain kedua tim seperti dikutip di espnfc.com.

Oman: Ali Al Habsi, Mohammed Al Musalami, Jaber Al Owaisi, Abdul Salam Al Mukhaini, Ali Al Busaidi (Amer Said Al Shatri), Eid Al-Farsi, Ahmed Al Muhaijri, Mohsin Al Khaldi, Raeed Ibrahim, Abdulaziz Al Miqbali, Amad Al Hosni (Ali Al-Jabri).

Australia: Maty Ryan, Ivan Franjic, Jason Davidson, Matthew Spiranovic, Trent Sainsbury, Mark Milligan, Mathew Leckie, Matt McKay, Massimo Luongo (Marco Bresciano), Tim Cahill, Robbie Kruse.



Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015