Jakarta (ANTARA News) - Pada pertandingan pekan ke-22 Liga Utama Inggris, Sabtu dan Minggu, dari empat tim teratas klasemen sementara hanya Manchester City yang terjungkal karena kalah saat menjamu Arsenal. Sementara itu tiga tim lainnya, Chelsea, Southampton dan Manchester United memperoleh kemenangan.

City dipermalukan 0-2 oleh Arsenal di Etihad Stadium. Gol kemenangan tim Meriam London dicetak Santi Cazorla di menit ke-24 dan Olivier Giroud di menit ke-66. (Baca: Manchester City dipermalukan Arsenal)

Hasil ini memang tidak membuat City turun peringkat di klasemsen Liga Utama Inggris karena selisih yang besar dengan urutan ketiga, namun upayanya untuk terus menempel ketat pimpinan klasemen Chelsea menjadi berkurang.

Sedangkan Arsenal berhasil menambah tiga poin menjadi 39 dan posisinya naik satu tingkat dari urutan keenam menjadi kelima menggeser Tottenham Hotspur. Saat ini perbedaan nilai The Gunners dengan urutan keempat Manchester United hanya satu poin saja. Klub yang berada di urutan satu hingga empat Liga Utama Inggris akan mengikuti Liga Champions.

Sementara itu pimpinan klasemen sementara, Chelsea meraih hasil positif setelah pesta gol 5-0 ke gawang tuan rumah Swansea pada pertandingan Sabtu.  (Baca: Chelsea pesta gol)

Oscar dan Diego Costa masing-masing mengemas dua gol di babak pertama kemudian pemain pengganti Andre Schurrle mencetak gol kelima untuk kekalahan 0-5 Swansea yang terburuk dalam 24 tahun terakhir.

Jose Mourinho memuji Chelsea telah memainkan laga sempurna di Stadion Liberty. "Itu adalah laga yang sempurna, semuanya sesuai arahan tim kami," kata Mourinho dilansir dari ESPN, Minggu. (Baca: Mourinho: Chelsea sempurna)

Hasil ini makin memperkokoh pasukan Jose Mourinho sebagai pimpinan klasemen sementara dan memperlebar jarak dengan urutan kedua City dari sebelumnya perbedaan nilai hanya dua poin kini melebar menjadi lima poin. Chelsea kini meraih nilai 52 sementara The Citizens 47, dari 22 pertandingan.

Sementara Southamton menaklukan tuan rumah Newcastle pada pertandingan Sabtu di St. James' Park. Hasil ini juga tidak mengubah posisi pasukan Ronald Koeman di urutan ketiga. Namun jaraknya dengan urutan kedua City makin kecil dari sebelumnya sembilan poin kini menjadi tinggal lima poin.  (Baca: Southampton tekuk Newcastle)

Pertandingan lain, gelandang Manchester United Marouane Fellaini sukses menyumbangkan satu gol untuk kemenangan timnya 2-0 atas tim papan bawah Queen Park Ranger (QPR) di Stadion Loftus Road, London, Sabtu.

Pemain berkebangsaan Belgia, Fellaini, mencetak gol di menit ke-58 sementara gol kedua United dicetak James Wilson di menit ke-90. Kedua klub menerapkan tempo permainan lambat pada awal babak pertama karena hingga menit ke-10 tidak ada serangan mematikan dari kedua tim. (Baca: MU kalahkan QPR)

MU juga tetap di urutan keempat dengan nilai 40, dan selisih poin dengan Southampton juga tidak berubah yakni dua poin. Namun The Red Devils harus berhati-hati karena selisih dengan Arsenal yang satu peringkat di bawahnya hanya satu poin. (Baca: Klasemen Liga Inggris)

Pada Minggu malam, West Ham mengalahkana tamunya Hull City 3-0 sehingga The Hammers naik satu peringkat dari kedelapan menjadi ketujuh, kembali menggeser Liverpool. Pada Sabtu Liverpool sempat menggeser West Ham setelah menang 2-0 atas tuan rumah Aston Villa. (Baca: West Ham kalahkan Hull)

Penyerang West Ham Andy Carroll mengatakan klub membidik untuk lolos ke kompetisi Eropa musim depan. West Ham saat ini berada di zona Liga Eropa dan kini tim asuhan Sam Allardyce hanya berselisih empat poin dari zona Liga Champions. (Baca: West Ham bidik kompetisi Eropa musim depan)


Hasil Pertandingan :
(Menurut laman liga Inggris. Tuan rumah disebut di depan)

Minggu, 18 Januari

Man City     0 - 2     Arsenal

West Ham     3 - 0     Hull


Sabtu, 17 Januari

Newcastle     1 - 2     Southampton   
 
Aston Villa     0 - 2     Liverpool    
 
Burnley     2 - 3     Crystal Palace    
 
Leicester     0 - 1     Stoke    
 
QPR     0 - 2     Man Utd    
 
Swansea     0 - 5     Chelsea    
 
Spurs     2 - 1     Sunderland

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015