Banyak karyawannya yang akhirnya memiliki usaha sendiri karena dorongan beliau, sehingga karyawan tersebut semakin sukses."
Jakarta (ANTARA News) - Bob Sadino merupakan pengusaha yang inspiratif karena menginspirasi banyak orang untuk berani berwirausaha, demikian disampaikan Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman.

"Banyak karyawannya yang akhirnya memiliki usaha sendiri karena dorongan beliau, sehingga karyawan tersebut semakin sukses," ujar Adhi Lukman saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Adhi mengatakan, sifatnya yang inspiratif tersebut membuat para kompetitornya tidak takut disaingi, justru semakin terinspirasi untuk lebih maju lagi.

Menurut Adhi, sebagai pengusaha yang juga menggeluti usaha pangan, Bob memang tidak terlalu menonjol di kalangan industri, namun ia sibuk membangun karakter para karyawannya dengan mental pengusaha.

"Di industri memang tidak terlalu menonjol, meskipun sempat bergabung dengan GAPMMI, namun sebagai individu pengusaha, ia lebih banyak membangun mental usaha di dalam perusahaannya," ujar Adhi.

Hal lain yang juga diingat Adhi dari pengusaha nyentrik ini adalah, ia bersikap profesional dalam menjalankan usahanya, hingga para pengelola perusahaannya bukanlah dari kalangan keluarga, melainkan pihak profesional di bidangnya.

Pengusaha sukses Bob Sadino yang akrab dipanggil Om Bob ini meninggal dunia pada Senin 19 Januari 2015 Pukul 17.30 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Bob kerap terlihat santai dengan mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya sehari-hari.

Anak bungsu dari lima bersaudara ini lahir di Tanjung Karang, Lampung, pada 9 Maret 1939 dengan nama Bambang Mustari Sadino dari sebuah keluarga yang berkecukupan.

Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob ketika itu berusia 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015