Beirut (ANTARA News) - Para petempur Kurdi yang memerangi kelompok Negara Islam di Kobane, Suriah, berhasil merebut puncak pegunungan strategis yang memberi mereka jalur serangan langsung ke kota, menurut kelompok pemantau, Senin.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berkantor di Inggris mengatakan Unit Rakyat dari Rakyat Kurdi (YPG) telah menyita seluruh pegunungan Mushtenur setelah pertempuran sengit semalaman, lapor AFP.

"Operasi militer telah berakhir dengan kematian sedikitnya 11 pejuang Negara Islam, dan menyita sejumlah besar persenjataan dan amunisi," kata Observatorium.

Direktur Observatorium Rami Abdel Rahman mengatakan bahwa keberhasilan itu merupakan kunci kemenangan strategis untuk YPG, yang menempatkan jalur pasokan ISIS ke Aleppo di barat dan Raga di bagian timur di jalur tembak.

ISIS telah berjuang untuk menguasai Kobane, yang terletak di perbatasan Suriah dan Turki, sejak pertengahan September, dan dalam suatu kesempatan tampak akan berhasil.

Namun para pejuang Kurdi yang didukung oleh operasi udara koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk melawan Negara Islam telah secara bertahap mendorong para milisi, yang sekarang menguasai 15 persen kota.

(Uu.G003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015