Zurich (ANTARA News) - Kegiatan perbankan internasional meningkat pada kuartal ketiga tahun lalu, Bank for International Settlements (BIS) mengatakan Selasa, meskipun terjadi pelambatan dalam pinjaman kepada negara-negara berkembang.

Lembaga yang berbasis di Basel, yang dianggap sebagai bank sentralnya dari bank-bank sentral, mengatakan klaim lintas batas pada periode Juli-September tercatat sebesar 493 miliar dolar AS (425 miliar euro), meningkatkan tingkat pertumbuhan tahunan lima persen dari satu persen pada akhir Juni.

Menurut BIS, peningkatan ini terutama terkonsentrasi di yen Jepang (naik 15 persen) dan dolar AS.

Pinjaman lintas batas dalam euro sementara berhenti berkontraksi untuk pertama kalinya sejak 2008, dan naik satu persen tahun-ke-tahun, katanya.

Namun demikian angka ini menutupi perbedaan besar di zona euro, dengan pinjaman ke Prancis tumbuh sembilan persen tetapi angka untuk Spanyol dan Jerman masing-masing turun enam persen dan empat persen.

Sementara itu, kuartal ketiga dibayangi oleh pelambatan dalam pinjaman kepada pasar negara berkembang seperti Brazil.

Pinjaman ke Tiongkok naik sebesar 38 miliar dolar AS, namun pertumbuhan di bagian lain di Asia masih moderat, demikian AFP melaporkan.

(A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015