Jakarta (ANTARA News) - Tim Persija Jakarta pada babak pertama pertandingan Panasonic Cup 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu harus tertinggal 0-1 dari sang tamu yaitu Gamba Osaka Jepang.

Keunggulan juara kompetisi tertinggi di Jepang atau J-League dicetak oleh pemain andalannya yaitu Takashi Usami pada menit 35.

Pada pertandingan internasional pertama sebelum turun di Indonesia Super League (ISL), Persija bermain cukup tenang meski lawan merupakan tim besar yang merajai kompetisi Jepang atua J-League. Meski langsung mendapatkan tekanan, anak asuh Rahmad Darmawan terlihat tidak panik.

Turun dengan formasi terbaik, tim yang berjuluk Macan Kemayoran yang dimotori Stefano Lilipaly terus berusaha menerobos pertahanan Gamba Osaka yang dimotori oleh Keisuke Iwashita. Peluang pertama didapat Kabayev pada menit 13. Hanya saja tendangannya tertahan pemain belakang lawan.

Satu menit berikutnya giliran Stefano Lilipaly yang mengancam. Hanya saja tendangan dari luar kotak pinaltinya melebar disisi kiri gawang Yosuke Fujigaya. Begitu juga Gamba Osaka. Anak asuh Kenta Hasegawa juga sesekali melakukan perlawanan sengit dan mengancam gawang Andritany.

Dukungan ribuan Jakmania ternyata menjadi semangat tersendiri bagi anak asuh Rahmad Darmawan ini. Terbukti variasi serangan dari pemain tengah terus terjadi. Duet Alfin dan Lilipaly bahkan sering merepotkan pertahanan Gamba Osaka yang juga bermain cukup solid.

Terus mendapatkan tekanan dari tuan rumah, Gamba Osaka ternyata tidak tinggal diam. Mengandalkan pemain yang pernah merumput di Jerman yaitu Takashi Usami, beberapa peluang langsung didapat. Hanya saja, peluang yang dimiliki pemain nomor 39 mampu dihalau Andritany.

Namun, dua menit berselang, Takashi Usami mampu membayar kegagalan sebelumnya dengan mencetak gol indah. Hasilnya, tim asal Jepang itu mampu unggul 1-0 atas tuan rumah Persija Jakarta.

Tertinggal 0-1, Persija semakin gencar melakukan tekanan. Apalagi ribuan Jakmania terus memberikan semangat dipinggir lapangan. Kabayev yang menjadi ujung tombak terus berusaha menekan. Hanya saja hingga babak pertama usai belum membuahkan hasil.

Susunan pemain:

Persija : Andritany Ardhiyasa (pg), Ismed Sofyan (k), Alan Aciar, Ambrizal, Saiful Indra Cahya, Amarzukih, M. Ilham, Stefano Lilipaly, Alfin Tuasalamony, Novri Setiawan dan Evgeny Kabayev.

Gamba Osaka : Yosuke Fujigaya (pg), Daiki Niwa, Keisuke Iwashita, Jae Suk Oh, Takahiro Futagawa, Hiroyuki Abe, Tomokazu Myojin (k), So Hirao, Shohei Ogura, Shingo Akamine dan Takashi Usami.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015