Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Pengusaha Indonesia Hong Kong (IDHKBA) terus berupaya untuk meningkatkan peningkatan hubungan bisnis antara Indonesia dan Hong Kong melalui berbagai kegiatan.

IDHKBA sedang merencanakan untuk menggelar beberapa aktivitas berbeda untuk para anggota agar mereka mengenal lebih jauh mengenai Indonesia, Hong Kong, dan juga Tiongkok, kata Ketua IDHKBA James Budiono dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu.

"Informasi pasar sangat penting dalam bisnis. Oleh karena itu Asosiasi ini teratur akan menyelenggarakan seminar pasar mengenai topik hangat berbeda untuk memperbarui anggota kami tentang pembangunan ekonomi terbaru," kata Jeffrey Cheung, wakil ketua IDHKBA.

Jeffrey menjabat sebagai Direktur Operasional di Bank Ekonomi, dan ia memahami dengan baik apa yang diperlukan perusahaan Indonesia. "Bisnis jaringan juga penting bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan mereka dan untuk mencari mitra potensial. Oleh karena itu Asosiasi kami juga akan mengatur berbagai fungsi jaringan bisnis."

IDHKBA atau Indonesian Hong Kong Business Association, kata Jeffry, juga akan mempublikasikan e-newsletter kuartalan, memberi informasi terbaru kepada anggota mengenai informasi pasar, events terakhir di Hong Kong dan Indonesia, serta memperbarui data anggota dan perusahaan anggota.

"Berbisnis dengan Hong Kong bukan berarti menjalankan bisnis dengan Hong Kong saja," kata Direktur Dewan Pengembangan Perdagangan Hong Kong, Kwanho Leung.

Wakil Ketua Asosiasi Produsen Mainan Indonesia Sudarman Wijaya juga berpandangan sama. Dalam pameran HKTDC Hongkong Toys dan Games dua tahun berturut-turut, "kami bertemu dengan para pembeli dari seluruh dunia", katanya.

Pengusaha William Widjaja dari Kawan Lama Group mengaku setiap tahun menghadiri pameran peralatan rumah tangga HKTDC Hong Kong.

Hong Kong tidak hanya sebuah platform untuk bisnis, tetapi juga pusat transportasi yang baik. "Banyak orang Indonesia melakukan perjalanan ke Hong Kong, tetapi juga banyak perjalanan melalui Hong Kong untuk tujuan lain seperti Jepang dan Amerika Utara," kata Country Manager Indonesia Cathay Pacific Airways, Vincent Yu.

"Inilah sebabnya mengapa Cathay Pacific menambahkan 5 penerbangan lagi antara Jakarta dan Hong Kong setiap minggu, mulai dari awal 2015. Sekarang Cathay Pacific mengoperasikan 26 penerbangan mingguan antarkedua kota," katanya.

Pewarta: Suryanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015