LONDON, 3 Februari 2015 (Antara/PRNewswire) -- Dewan Pembina Asia House di London dengan bangga mengumumkan penganugerahan Asia House Asian Business Leaders Award 2015 kepada Nazir Razak, Ketua CIMB Group, pada event seremoni yang akan digelar di Banqueting House Westminster, 13  Oktober. 

Penganugerahan penghargaan tahun ini kepada Razak dikarenakan pencapaian di dalam masa baktinya selama 26 tahun di CIMB Group, bank universal ASEAN terkemuka, yang berpusat di Malaysia.

Razak menyampaikan, "Sebuah kehormatan bagi saya untuk memperoleh penghargaan yang sangat bergengsi ini. Penghargaan ini tidak hanya untuk saya, tapi juga untuk ribuan orang yang bekerja dengan saya di CIMB guna mewujudkan ASEAN sebagai pusat finansial dunia. Saya harap penghargaan ini nantinya akan dapat memperkuat ASEAN sebagai salah satu pusat bisnis terdepan di dunia dan membuka peluang untuk memberdayakan masyarakat serta sumber daya dari berbagai negara di ASEAN."

CIMB Group beroperasi di kawasan ASEAN yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi sangat pesat. Malaysia mengambil rotasi kepemimpinan ASEAN per 1 Januari 2015.

Razak memelopori transformasi CIMB Group dari yang sebelumnya merupakan sebuah bank butik investasi Malaysia menjelma menjadi grup layanan finansial terbesar kedua di Malaysia, bank universal terbesar kelima di ASEAN, bank investasi terbesar di Asia Pasifik, salah satu bank Syariah terbesar di dunia.

Tidak hanya telah berkontribusi di dalam mengembangkan industri perbankan dan pasar modal Malaysia, laki-laki berumur 48 tahun tersebut berhasil menciptakan bank syariah terkemuka di  dunia - terbesar kedua di Malaysia - dengan pangsa pasar mencapai 15 persen yang menawarkan solusi  finansial syariah.

Pada 2007, dipimpin oleh Razak, CIMB Group mendirikan CIMB Foundation, platform filantropis yang menangani tanggung jawab sosial perusahaan. Yayasan ini membawa manfaat signifikan bagi masyarakat yang berada di kawasan dimana CIMB beroperasi. CIMB group telah mendonasikan lebih dari 110 juta ringgit (28 juta dolar Amerika) kepada Yayasan tersebut sebagai dana awal.

Sir john Boyd, Ketua Asia House, mengatakan, "Kami sangat bangga untuk memberikan pengakuan kepada kesuksesan dan pencapaian Nazir Razak di dalam karirnya, yang diantaranya, telah memprioritaskan kerja sama dengan kemitraan di seluruh ASEAN melalui dukungan dalam bentuk riset independen dan berbagai inisiatif amalnya, serta strategi bisnis ambisiusnya, sehingga membuktikan kalau inisiatif yang sukses secara komersial d seluruh ASEAN dapat menyatukan semua orang demi kebaikan bersama."

Asia House adalah perkumpulan para pakar Asia dan organisasi Asia terkemuka yang berbasis +di Inggris.

Asia House mempersembahkan penghargaan tahunan kepada para individu yang memimpin melalui contoh melalui konsep "Pemimpin yang Melayani". Penghargaan ini menyoroti hubungan antara kesuksesan ekonomi, keunggulan profesional yang didukung oleh kepemimpinan moral dan sikap melayani kepada masyarakat.

Sejumlah peraih penghargaan Asia House Asian Business Leaders Award terdahulu meliputi Direktur Eksekutif dan CEO Temasek, Ho Ching; Ketua dan Pendiri Alibaba.com, Jack Ma; Ketua Tata Group, Ratan Tata; CEO Olayan Financing Company, Lubna Olayan; dan Ketua Wipro, Azim Premji.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Rachelle Kessels di +44(0)207-307-5466, email rachelle.kessels@asiahouse.co.uk atau klik asiahouse.org.

Sumber: Asia House   

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015