Banyak pulau-pulau indah di Indonesia yang masih belum terawat secara baik. Masyarakat desa seharusnya bisa menjadi garda terdepan dalam pengelolaan potensi kepulauan,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan potensi desa di kepulauan bisa dimanfaatkan untuk wisata dan mempertahankan ketahanan pangan di sektor maritim.

"Banyak pulau-pulau indah di Indonesia yang masih belum terawat secara baik. Masyarakat desa seharusnya bisa menjadi garda terdepan dalam pengelolaan potensi kepulauan," ujar Marwan di Jakarta, Jumat.

Pengelolaan potensi desa wisata di daerah kepulauan, harus menunjang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah setempat.

"Upaya pengelolaan potensi desa di daerah kepulauan sebagai desa wisata, harus tetap mementingkan kesejahteraan masyarakat setempat dan memberdayakan sumber daya manusia yang ada di daerah tersebut," katanya menjelaskan.

Desa di daerah kepulauan, menurut Menteri Marwan, bisa memberdayakan alam laut dan sumber daya manusia setempat sebagai pengelola usaha desa wisata bahari.

"Diharapkan akan mampu menambah daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah tersebut. Konsep desa wisata bahari di pulau kecil harus tetap memanfaatkan potensi yang ada di wilayah tersebut, baik potensi laut maupun SDM," katanya.

Pemerintah akan memfasilitasi pengembangan konsep desa wisata berbasis pulau kecil, dengan membentuk kelembagaan desa, artinya perlu adanya lembaga desa yang dikelola masyarakat.

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015