London (ANTARA News) - Mantan pelatih kepala Tottenham Hotspur Tim Sherwood ditunjuk sebagai pelatih baru Aston Villa dengan kontrak tiga tahun, demikian diumumkan klub Liga Utama Inggris itu pada Sabtu.

Sherwood (46) menggantikan Paul Lambert, yang dipecat pada Rabu setelah laju sepuluh pertandingan tanpa kemenangan yang membuat Villa terpuruk ke zona degradasi.

"Aston Villa Football Club dengan gembira mengumumkan penunjukan Tim Sherwood sebagai pelatih baru kami," demikian diumumkan Villa di situs resmi mereka.

"Tim (46) bergabung setelah periode kepelatihan yang panjang dan sukses dengan Tottenham, yang berpuncak pada periode singkat namun sukses sebagai pelatih, dan telah menyetujui kontrak yang akan membuat dirinya berada di posisi itu sampai akhir musim 2017/2018."

"Klub senang telah mengamankan jasa salah seorang pelatih paling dicari di sepak bola Inggris."

Sherwood menganggur sejak ia dipecat Tottenham pada Mei 2014, lima bulan setelah menjadi seorang pelatih kepala untuk pertama kalinya.

"Merupakan kehormatan besar untuk melatih salah satu klub terbesar di sepak bola Inggris," kata Sherwood, yang memenangi Liga Utama Inggris sebagai kapten di Blackburn Rovers pada 1995.

"Saya tidak bisa menunggu lagi untuk memulainya dan saya benar-benar tidak sabar terhadap tantangan yang ada."

Sherwood diperkirakan akan menduduki posisinya setelah pertandingan putaran kelima Piala FA yang dimainkan Villa dengan menjamu Leicester City Minggu ini, di mana pada pertandingan itu pelatih tim pertama Scott Marshall dan pelatih kiper Andy Marshall akan menjadi arsitek tim.

Villa belakangan ini telah melewati 11 jam tanpa gol di Liga Utama Inggris dan turun ke posisi tiga terbawah untuk pertama kalinya di musim ini, menyusul kekalahan 0-2 dari sesama tim papan bawah Hull City pada Selasa.

Dengan hanya satu kemenangan dari 21 pertandingan liga, juara Eropa 1982 ini sekarang berada dalam resiko terdegradasi untuk pertama kalinya sejak 1987.

Namun ketua eksekutif Tom Fox mengekspresikan keyakinannya bahwa dalam sosok Sherwood, ia dan pemilik klub Randy Lerner telah menemukan pria yang tepat untuk mengubah situasi dan membawa tim melangkah maju.

"Tim memiliki karir fantastis di Tottenham, bukan hanya pada masa kerjanya sebagai pelatih tim pertama namun, yang tidak kalah penting, pada peran yang ia mainkan dalam membangun talenta muda," kata Fox.

"Kami bertekad untuk membangun operasi sepak bola dengan visi jangka panjang dan berkomitmen pada pengembangan pemain muda."

"Kami sangat yakin Tim memiliki kualitas-kualitas untuk mengeluarkan kemampuan terbaik tim kami, dan membantu kami membangun dan berkembang untuk masa yang akan datang."

Pada masa kerja singkatnya di Spurs, Sherwood mendapat reputasi untuk keberaniannya mempromosikan pemain-pemain muda, di mana Harry Kane dan Nabil Bentaleb merupakan dua orang di antara para pemain muda yang dimasukan ke tim pertama sepanjang masa baktinya.

Lerner berkata bahwa Sherwood mewakili "pendekatan segar, positif" dan memberi pujian kepada Fox dan para koleganya untuk rekrutmen terhadap pengganti Lambert "meski waktunya sangat terbatas dan terdapat tekanan yang bertambah." Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015