... bisa mencapai angka 4,5 juta pengguna...
Sampit, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, Indonesia saat ini sudah masuk dalam kategori darurat Narkoba.

"Kita sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi saat ini. Pengguna narkoba pada 2015 diperkirakan akan meningkat dari tahun sebelumnya, yakni diprediksi bisa mencapai angka 4,5 juta pengguna," katanya, di Sampit, Senin.

Pada 2015 pemerintah mencanangkan akan merehabilitasi korban narkoba dalam jumlah yang tidak sedikit. Sedikitnya 100 ribu warga Indonesia direhabilitasi karena mengguna aneka jenis narkoba.

Untuk menangani masalah narkoba pada 2014 lalu, pemerintah telah menghabiskan biaya sebesar Rp50 triliun, kata Mensos Khofifah Indra Parawansa.

"Kita melakukan itu semua karena pemerintah melihat dampak dari pengguna narkoba sangat membahayakan sehingga perlu adanya penganan yang serius," katanya.

Menurut dia, dampak dari penggunaan narkoba bisa menimbulkan gangguan fisikologis mencapai 60 persen, bahkan bisa menimbulkan gangguan jiwa terhadap penggunanya.

Pewarta: Untung Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015