Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Rabu kembali dibuka terangkat sebesar 8,91 poin didorong sentimen dari Amerika Serikat dan Eropa.

IHSG BEI dibuka naik 8,91 poin atau 0,16 persen menjadi 5.426,22, sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak menguat 2,25 poin (0,24 persen) menjadi 946,71.

"Faktor positif dari eksternal kembali menjadi katalis bagi IHSG untuk melanjutkan rally kenaikannya pada perdagangan saham hari ini," kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan bahwa testimoni Gubernur the Fed Janet Yellen mengindikasikan kenaikan suku bunga akan datang lebih lama dari ekspektasi menyusul belum adanya optimisme terhadap pemulihan ekonomi AS.

"Di AS masih ada kecemasan mengenai pasar tenaga kerja, laju inflasi yang di bawah target, dan penurunan pada harga energi," paparnya.

Dari Eropa, lanjut dia, Yunani akhirnya menyerahkan daftar reformasi fiskal kepada para menteri keuangan negara-negara Eropa. Daftar reformasi fiskal merupakan bagian dari kesepakatan untuk memperpanjang bantuan keuangan bagi Yunani.

"Menteri keuangan Eropa mengumumkan bahwa pihaknya telah menyetujui rencana reformasi Yunani, dan dengan karena itu juga menyepakati perpanjangan program bailout selama empat bulan," katanya.

Dampak dari kesepakatan tersebut, ia mengatakan bahwa mendorong mayoritas bursa saham Eropa dan Amerika Serikat ditutup di area positif tadi malam.

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Tiesha Narandha Putri mengatakan bahwa IHSG BEI melanjutkan penguatannya di tengah antisipasi rilis kinerja keuangan tahun buku 2014 dimana data tingkat produksi pada kuartal IV 2014 diperkirakan meningkat.

"Kami mempertahankan pandangan konstruktif kami pada saham-saham berkapitalisasi besar meski terdapat potensi aksi ambil untung oleh investor," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng melemah 12,44 poin (0,05 persen) ke 24.737,63, indeks Bursa Nikkei naik 20,40 poin (0,11 persen) ke 18.623,88, dan Straits Times menguat 7,46 poin (0,22 persen) ke posisi 3.445,40.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015