Selama ini ketika memberikan bantuan suka dicurigai, kalau ada sukarelawan lintas agama, saya kira nggak ada lagi kecurigaan
Bandung (ANTARA News) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jabar berencana membentuk sukarelawan lintas agama untuk membantu masyarakat yang dilanda musibah bencana alam atau kegiatan kemasyarakatan lainnya.

"Saya ingin membentuk sukarelawan lintas agama, saya kira ini tepat untuk bencana, untuk apa sajalah, membantu masyarakat," kata Sekretaris FKUB Jabar Rafani Ahyar di sela kegiatan Kemah Bhakti Lintas Agama di Jatinangor, Sumedang, Rabu.

Ia menuturkan, sukarelawan lintas agama itu nantinya bagian dari kepengurusan FKUB yang tugasnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan ketika dilanda bencana.

Sukarelawan itu, lanjut dia, akan memberikan berbagai bantuan seperti kebutuhan pokok yang dibutuhkan korban bencana.

"Menurut saya akan sangat indah kalau itu ada sukarelawan yang lintas agama, karena itu menyangkut kemanusiaan," katanya.

Menurut dia, persoalan bencana atau yang berhubungan dengan kemanusiaan tidak dapat diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah, melainkan butuh kebersamaan dari semua elemen masyarakat.

Ia berharap, rencananya itu dapat terwujud dan mendapatkan dukungan dari pemerintah serta semua umat lintas agama.

"Mudah-mudahan dapat terwujud, karena seperti yang kita tahu di Indonesia ini banyak bencana, dan itu nggak bisa diserahkan kepada pemerintah, tapi harus ada partisipasi dari masyarakat," katanya.

Dia menambahkan, dengan adanya sukarelawan lintas agama itu diharapkan tidak ada lagi kecurigaan di masyarakat ketika kelompok masyarakat dari suatu agama memberikan bantuan kepada masyarakat agama lain.

"Selama ini ketika memberikan bantuan suka dicurigai, kalau ada sukarelawan lintas agama, saya kira nggak ada lagi kecurigaan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015