Jangan ada lagi pikiran kekurangan stok, tidak ada suplai, enggak ada, suplai akan terus ada berapapun yang diminta
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa stok beras cukup sampai masa panen Maret-April 2015.

"Ingin saya sampaikan bahwa stok beras kita cukup sampai masa panen nanti. Sekarang stok kita 1,4 juta ton," kata Joko Widodo saat meninjau penyaluran serentak raskin dan operasi pasar tahun 2015 di gudang Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Rabu.

Presiden kembali menegaskan berapapun dibutuhkan akan dorong beras masuk ke pasar, termasuk pasar induk Cipinang yang merupakan pasar beras terbesar di tanah air,

"Jangan ada lagi pikiran kekurangan stok, tidak ada suplai, enggak ada, suplai akan terus ada berapapun yang diminta," katanya.

Dia mengungkapkan pemerintah juga siap menyalurkan beras hingga 300.000 ton untuk menjaga harga beras melalui operasi pasar.

Direktur Utama Bulog Lenny Sugihat, dalam laporannya, mengatakan pihaknya siap menyalurkan beras "Raskin" dan operasi pasar di seluruh Indonesia.

"Sejak januari 2015 telah disalurkan raskin 157 ribu ton dan Opersi pasar 65 ribu ton. Hari ini 25 ton raskin dan 20 ribu ton Operasi pasar dari rencana 300 ribu ton," kata Lenny.

Dalam Gudang di Divre DKI Jakarta ini siap disalurkan 1.600 ton untuk operasi pasar guna menjaga daya beli masyarakat dengan dilepas harga Rp7.400 per kilogram.

Lenny juga mengatakan dalam operasi pasar ini pihaknya dibantu oleh pihak TNI yang mengirimkan truknya untuk menyalurkan beras ke masyarakat.

Dalam kunjungannya ini, Presiden Joko Widodo melepas secara simbolis penyaluran beras raskin dan operasi pasar ke wilayah Jabodetabek.

Kepala Divi Regional Bulog DKI Jakarta Awaluddin Iqbal mengatakan ada 118 truk yang diberangkatkan hari inni untuk penyaluran beras Raskin dan operasi pasar.

Iqbal mengungkapkan pada Rabu ini pihaknya melakukan operasi pasar di 12 pasar Jakarta, yakni Pasar Minggu, Pasar Anyer Bahari, Pasar Jatinegara, Pasar Jembatan Lima, Pasar Klender, Pasar Kramatjati, Pasar Senen, Pasar Boplo, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Tomang Barat, Pasar Tanah Abang dan Pasar Palmerah.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015