Minggu, 26 Maret 2017

Blogger makanan berperan penting promosikan kuliner I

| 4.843 Views
id blogger, blogger makanan, makanan indonesia, youtube
Jakarta (ANTARA News) - Blogger makanan memiliki peranan penting dalam mempromosikan ragam kuliner Indonesia ke kancah internasional, kata blogger Bayu Amus di Jakarta, Kamis. 

"Dalam Foodie Journey itu ada beberapa tahapan, yaitu discovery, onboarding, exploring dan mastery," kata pria di balik blog Epicurina itu. 

Blogger punya peran penting dalam promosi di dua langkah awal, ujar dia. Bayu memaparkan, discovery adalah tahapan saat seseorang mengetahui keberadaan makanan Indonesia.

Di langkah discovery, food blogger memiliki peran krusial dalam mempromosikan makanan melalui media online.

Selain blog, promosi online juga dapat dilakukan lewat situs berita, YouTube dan media sosial. Promosi offline juga dapat dilakukan lewat mulut ke mulut dan acara seperti jamuan di kedutaan besar. 

├čelanjutnya, di tahap Onboarding para pecinta kuliner di luar negeri akan memuaskan rasa penasarannya dengan mencoba langsung makanan Indonesia. 

Menurut Bayu, yang dibutuhkan adalah keberadaan restoran Indonesia di luar negeri. Di tahap ini, tempat makan di kategori makanan kaki lima (street food) juga bisa memuaskan keingintahuan pencinta kuliner. 

"Sayangnya tidak banyak restoran Indonesia di luar negeri," ujar dia. Bila sudah mencicipi langsung, para pencinta kuliner akan menuju tahap selanjutnya yaitu exploring, mendapatkan wawasan lebih luas tentang makanan Indonesia. 

"Butuh restoran yang lebih sophisticated," ujar dia. Terakhir, mastery adalah tahap seseorang tergerak untuk membagikan pengalamannya kepada orang lain. "Langkah kita masih panjang," imbuh dia.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga