Rp13 ribu itu angka stabilitas baru"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sekarang ini kondisinya berbeda dengan 1998 lalu, karena tidak dipengaruhi dampak inflasi dalam negeri.

"Berbahaya dolar naik kalau inflasi. Sekarang justru 1 dolar sama dengan Rp13 ribu, tetapi inflasinya turun," kata Wapres Jusuf Kalla, seusai pertemuan dengan sejumlah pimpinan perusahaan Jepang di Tokyo, Jumat.

Dengan demikian, menurut dia, penurunan kurs rupiah berarti lebih banyak terjadi karena sumber yang berasal dari luar negeri.

Ia memaparkan, satu dolar 10 tahun yang lalu dapat digunakan untuk makan di restoran Padang, tetapi satu dolar pada saat ini kemungkinan akan kurang memadai untuk bersantap di restoran Padang.

"Yang dikhawatirkan kalau dolar melemah itu karena inflasi. Namun kita saat ini deflasi," ujarnya dan menegaskan bahwa pelemahan rupiah pada saat ini lebih karena faktor luar negeri.

JK berpendapat karena deflasi harga-harga akan turun sehingga banyak pengusaha-pengusaha yang masuk dan menanamkan investasinya di Tanah Air.

Ia juga mengemukakan bahwa pada saat ini tidak ada faktor yang bisa mengakibatkan mata uang rupiah melemah sampai Rp15 ribu. "Rp13 ribu itu angka stabilitas baru," ucapnya.

JK juga mengingatkan agar nilai mata uang rupiah juga jangan terlalu kuat karena bila hal tersebut diberlakukan maka dicemaskan akan habis industri dalam negeri.

Untuk mengatasi kondisi pelemahan mata uang yang berasal dari faktor luar seperti yang dialani rupiah saat ini, dibutuhkan upaya guna meningkatkan ekspor sekaligus memperbanyak investasi yang memasuki Indonesia.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015