Ini adalah pertemuan yang bermanfaat dan saya yakin itu akan memberi sumbangan bagi kemajuan proses tersebut

Brussels (ANTAR News) - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini, Senin, mengatakan pembicaraannya dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif akan memberi sumbangan untuk memajukan proses bagi kesepakatan nuklir Iran.

Uni Eropa menjadi tuan rumah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Prancis, Inggris dan Javad Zarif di Brussels, Belgia, sebagai bagian dari perundingan nuklir Uni Eropa+3 dengan Iran.

Setelah pertemuan itu, Mogherini beserta tiga Menteri Luar Negeri Eropa menegaskan tekad mereka untuk berusaha ke arah tercapainya kesepakatan dengan Iran, demikian dikutip Xinhua.

Mereka berusaha mencapai penyelesaian akan akan mengakhiri semua kekhawatiran masyarakat internasional mengenai masa depan damai program nuklir Iran, demikian antara lain isi pernyataan pers dari Uni Eropa.

Mogherini berkata, "Ini adalah pertemuan yang bermanfaat dan saya yakin itu akan memberi sumbangan bagi kemajuan proses tersebut dalam beberapa hari dan pekan ke depan."

Zarif kemudian akan kembali ke Lausanne, Swiss, untuk pembicaraan lebih lanjut dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry. Direktur Politik Uni Eropa, Wakil Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Helga Schmid juga direncanakan menghadiri pertemuan tersebut.

Satu sumber yang dekat dengan delegasi Iran mengatakan setelah pertemuan dengan timpalannya dari AS pada Ahad malam di Lausanne, Zarif pergi ke Brussels untuk berbicara dengan timpalannya dari Uni Eropa lalu kembali ke Lausanne untuk pembicaraan lebih lanjut.

Pemimpin Organisasi Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi dan Menteri Energi AS Ernest Moniz juga dijadwalkan bertemu dalam pembicaraan nuklir bilateral pada Ahad sore di Lausanne.

Direktur Politik Uni Eropa+3 akan melanjutkan perundingan dengan Iran pada akhir pekan ini, kata siaran pers itu.

Babak baru pembicaraan mengenai program nuklir Iran, yang telah lama menjadi sengketa, dilanjutkan pada Minggu malam (15/3) di Lausanne, Swiss. Pembicaraan itu dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, serta diplomat dari negara utama lain di dunia.

Menurut sumber yang dekat dengan Zarif, diplomat senior Iran itu mengatakan di pesawat menuju Lausanne pada Ahad pagi bahwa kalau ada itikad politik, kesepakatan mungkin dicapai.

"Jika itikad politik pihak lain seperti itikad kami, kesepakatan takkan berada di luar jangkauan," kata Zarif, sebagaimana dikutip.

Pada Jumat (13/3), Kerry mengatakan kesepakatan sementara dengan Iran mungkin dicapai dalam babak pembicaraan saat ini, kalau Teheran "bisa menjadikan program nuklirnya hanya digunakan buat tujuan damai".

"Jika itu berjalan damai, mari kita lakukan. Harapan saya ialah dalam beberapa hari ke depan itu akan menjadi kemungkinan," kata Kerry di Mesir, sebelum bertolak ke Swiss.

Namun, sebanyak 47 senator Partai Republik AS mengeluarkan surat terbuka pada 9 Maret, untuk menyatakan bahwa setiap kesepakatan yang dicapai mengenai program nuklir Iran akan diubah segera setelah Presiden AS Barack Obama meletakkan jabatan.



Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015