AsiaNet 59855

SENDAI, Jepang, 17 Maret 2015 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Dalam rangka dukungan terhadap Konferensi Dunia PBB tentang Pengurangan Risiko Bencana (WCDRR) yang digelar di Sendai, 14-18 Maret, Soka Gakkai International (SGI) menyelenggarakan acara sampingan pada tanggal 16 Maret yang membahas potensi untuk meningkatkan kerjasama di bidang manajemen bencana alam di antara negara-negara Asia Timur Laut di tengah memanasnya situasi politik.

Event bertajuk "Memperkuat Ketahanan di Asia Timur Laut melalui Kerjasama untuk Mengurangi Risiko Bencana Alam" menghadirkan sejumlah pembicara internasional ternama dari Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang.

Deputi Sekretaris Jenderal Sekretariat Kerjasama Trilateral Antar Pemerintah, Chen Feng, menyampaikan kata-kata pengantar terkait upaya untuk memperkuat hubungan antara ketiga negara di bidang manajemen bencana alam. Dia menyatakan kalau sebagai negara tetangga, jika ada bencana yang meluluhlantahkan satu dari ketiga negara maka penderitaan juga dirasakan oleh dua negara lainnya.  

Sekretaris Jenderal Hope Bridge Korea, Young-Jin Park, mengungkapkan berbagai inisiatif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan respon terhadap bencana alam dan menekankan pentingnya kerjasama di antara negara-negara kawasan Asia Pasifik.

Wakil Ketua Asosiasi Kerjasama LSM Tiongkok (CANGO), Huang Haoming, mengungkapkan berbagai tantangan yang dihadapi perihal koordinasi tanggap darurat bencana di Tiongkok dan melemparkan berbagai ide untuk meningkatkan kerjasama di antara negara-negara Asia Pasifik, seperti pertukaran tenaga profesional dan sukarelawan, menggelar pertemuan tim pakar manajemen bencana alam, dan membentuk aliansi sipil untuk pengurangan risiko bencana alam.

Perwakilan Pusat LSM Jepang untuk Kerjasama Internasional (JANIC) dan Koalisi CSO Jepang untuk WCDRR 2015, Aoi Horiuchi, menyatakan kalau acara ini adalah acara satu-satunya di konferensi ini yang membahas hubungan antara negara-negara di Asia Timur Laut. Dia menyampaikan ide dari JANIC untuk memproduksi buklet untuk membantu orang-orang di negara lain, khususnya Tiongkok dan Korea Selatan, agar dapat belajar dari tragedi nuklir di Fukushima. Dia menekankan pentingnya pertukaran kunjungan karena bila kita memiliki teman dekat di negara lain, maka akan lebih mudah bagi kita untuk turut merasakan apa yang mereka rasakan ketika mereka menjadi korban bencana alam.

Perwakilan Next Stage Tohoku, Daisuke Namaki, kemudian menjelaskan upaya Pemerintah Jepang untuk melindungi warga Tiongkok yang bekerja di industri kelautan di kawasan pantai Perfektur Miyagi ketika bencana gempa bumi dan tsunami menyerang pada tanggal 11 Maret 2011, dan berbagai inisiatif terkini yang bertujuan agar kerjasama internasional tetap berkelanjutan di area-area yang terkena bencana alam.

Direktur Urusan Perdamaian SGI, Hirotsugu Terasaki, menyampaikan kesimpulan dari event tersebut, "Meskipun ketiga negara tengah dalam kondisi politik yang memanas, namun khusus untuk permasalahan kemanusiaan, kita wajib berinisiatif untuk melakukan dialog dan membentuk hubungan kerjasama hingga di tingkat masyarakat terbawah."

Selain SGI, event ini pun turut digelar oleh Dewan LSM Korea untuk Kerjasama Pembangunan di Luar Negeri (KCOC), CANGO, dan Next Stage Tohoku, dan didukung oleh Pusat LSM Jepang untuk Kerjasama Internasional (JANIC) dan Sekretariat Kerjasama Trilateral (TCS).

Pada pertengahan hari, Tohoku Soka Gakkai menggelar pameran bertajuk "The Light of Humanity" yang menampilkan beragam kisah dan foto tentang ketahanan dan pemulihan di berbagai daerah terdampak Tsunami pada 11 Maret 2011 di Event Hall Shoei di Sendai. Pameran ini akan berlangsung hingga 18 Maret.

Asosiasi Buddha Soka Gakkai International (SGI) memiliki rekam jejak yang panjang di dalam berbagai kegiatan pemulihan pasca bencana di seluruh Asia,  dan jaringan keanggotaan dan pusat komunitasnya di kawasan Tohoku aktif terlibat dalam pemulihan bencana gempa dahsyat wilayah timur Jepang yang meluluhlantakan daerah tersebut pada 11 Maret 2011.

Sumber: Soka Gakkai International     

Kontak:
Joan Anderson
Office of Public Information
Soka Gakkai International
Tel: +81-80-5957-4711
Fax: +81-3-5360-9885
E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015