Ankara (ANTARA News) - Seorang utusan utama AS menjamin Turki bahwa Washington akan mencari penyelesaian konflik Suriah yang mengecualikan Presiden Bashar al-Assad, kata kedutaan besar AS seperti dikutip AFP.

Jenderal John Allen, yang memimpin koalisi internasional melawan ISIS, berbicara dengan wakil menteri luar negeri Turki Feridun Sinirlioglu di Ankara bahwa pihaknya berupaya meruntuhkan dan mengalahkan ISIS.

Turki marah setelah Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyatakan pintu negosiasi terbuka untuk Assad guna mengakhiri perang selama empat tahun di Suriah.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan tidak ada yang patut dinegosiasikan dengan Assad, sedangkan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu membandingkan berunding dengan pemimpin Suriah itu seperti berjabat tangan dengan diktator lalim Nazi Adolf Hitler.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Jen Psaki kemudian buru-buru mengklarifikasi pernyataan Kerry itu dengan menyebutkan Assad tidak akan pernah menjadi bagian dari perundingan perdamaian.

Allen memastikan posisi AS terhadap Assad tidak berubah dan Washington menginginkan transisi di Suriah yang tidak melibatkan Assad.

"Kami terus mengusahakan hasil politik yang sudah disepakati mengenai konflik Suriah yang tidak tidak melibatkan Assad," kata dia.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015