Tripoli (ANTARA News) - Seorang penyerang meledakkan diri dan menewaskan empat orang di luar Misrata, kota ketiga Libya, yang dikuasai milisi, pada Minggu dan kelompok Negara Islam (IS) menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Kantor berita LANA milik pemerintahan Tripoli --yang didukung milisi-- mengatakan 21 orang juga terluka akibat pengebom itu meledakkan kendaraan penuh bahan peledak di pos pemeriksaan Saddada di bagian timur kota itu.

Radio IS Al-Bayan menyebut seorang sukarelawan bernama Abu Dujana sebagi sosok yang melakukan serangan, mewakili cabang IS di wilayah Tripolitania.

Kelompok pejihad itu, yang terkenal karena kekuasaannya yang brutal di Irak dan Suriah, telah mendirikan cabang di seluruh tiga wilayah bersejarah di Libya.

Pada Februari, cabang Tripolitania mengeluarkan video mengerikan berupa penebasan kepala 21 warga Kristen, sebagian besar warga negara Mesir, sehingga membuat Kairo melancarkan serangan-serangan udara pembalasan terhadap target-target pejihad di negara Afrika Utara itu.

Pada Januari, kelompok itu menyatakan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan ke sebuah hotel mewah yang populer di kalangan diplomat dan pejabat di ibu kota.

Dalam peristiwa itu, setidaknya sembilan orang tewas, termasuk lima warga negara asing.

Libya memiliki dua pemerintahan dan dua parlemen sejak milisi Fajar Libya merebut Tripoli pada Agustus dan pemerintahan yang diakui internasional meninggalkan ibu kota ke bagian timur jauh negara tersebut, demikian AFP.

(Uu.T008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015