Washington (ANTARA News) - Sebagian besar wilayah ekonomi Amerika Serikat berkembang dalam beberapa pekan terakhir, dan ada tekanan kenaikan "sedang" pada upah dan harga secara keseluruhan, Federal Reserve mengatakan dalam sebuah laporan Rabu.

Sepuluh dari 12 distrik Fed melaporkan pertumbuhan "moderat", "rendah" dan untuk satu, "sedikit", sementara kondisi yang datar di Atlanta dan Kansas City, menurut Beige Book, lapor AFP.

"Melemahnya aktivitas ini sebagian disebabkan dolar yang kuat, penurunan harga minyak, dan cuaca musim dingin yang keras," katanya.

Laporan, berdasarkan survei dari pertengahan Februari sampai akhir Maret, menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap stabil atau terus mencetak sedikit perbaikan.

Banyak distrik Fed melaporkan PHK terkait dengan penurunan harga minyak dan gas.

Kesulitan dalam mencari pekerja terampil tampak meningkat dibandingkan dengan laporan Beige Book sebelumnya, masalah yang sekarang sering dilaporkan.

"Distrik-distrik mencatat tekanan naik sedang pada upah dan harga secara keseluruhan," kata laporan.

Beige Book yang baru akan berfungsi sebagai dasar untuk diskusi di pertemuan kebijakan moneter Fed berikutnya pada 28 dan 29 April.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), unit kebijakan The Fed, akan membicarakan kenaikan tingkat suku bunga pertama sejak 2006.

Kenaikan suku bunga federal fund, dipatok mendekati nol sejak akhir 2008 di puncak krisis keuangan, diperkirakan paling cepat pada pertemuan bank 16-17 Juni.

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015