Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengatakan negara-negara yang tergabung dalam kerjasama Asia Afrika masih memiliki satu kewajiban untuk dipenuhi yaitu memastikan negara Palestina merdeka.

"Saya kira Konferensi Asia Afrika juga masih berutang selama enam dasawarsa pada rakyat Palestina," kata Presiden Joko Widodo dalam wawancara khusus dengan Antara di Istana Merdeka Jakarta, Senin (20/4).

Presiden mengatakan baik Indonesia maupun negara-negara lain yang tergabung dalam kerjasama Asia Afrika harus terus menyuarakan dukungan atas kemerdekaan Palestina.

"Saya kira itu juga perlu disuarakan bahwa kita harus mendukung lahirnya sebuah negara Palestina yang merdeka dan terus berjuang bersama mereka," kata Presiden.

Selain memandang pentingnya upaya memperjuangkan kemerdekaan negara Palestina, Presiden Joko Widodo juga menilai pentingnya upaya-upaya reformasi tatanan global agar lebih adil dan seimbang untuk semua negara dan semua kawasan.

"Yang akan kita bicarakan dalam sesion konferensi, kita tidak mau mendahului, sekali lagi ini milik semua negara (KAA-red), dan harus bicara dengan mereka kemauan mereka seperti apa. Pesan-pesan tadi saya kira perlu disampaikan oleh Indonesia sebagai negara besar dan negara muslim terbesar memang harus berani berbicara tapi sekali lagi pendekatan dialog memang harus dinomorsatukan," kata Presiden Joko Widodo.

Pada Selasa (21/4) Presiden Joko Widodo membuka Asian African Bussiness Summit di Jakarta Convention Centre yang merupakan bagian dari rangkaian pertemuan dalam rangka peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika.

Presiden Joko Widodo pada Rabu (22/4) mendatang juga dijadwalkan untuk membuka dan memberikan sambutan dalam KTT Asia Afrika di Jakarta yang dihadiri oleh 34 kepala negara dan kepala pemerintahan serta delegasi-delegasi dari negara Asia Afrika lainnya.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015