Dalam waktu dekat rincian jumlah kuota tiap kabupaten sudah bisa dipastikan...
Ambon (ANTARA News) - Jumlah kuota haji asal Provinsi Maluku untuk tahun ibadah haji 2015 masih berpatokan pada kuota tahun 2014 yakni 569 orang.

"Provinsi Maluku mendapat jatah tahun ini masih berpatokan pada kuota tahun 2014, sebab kegiatan renovasi daya tampung Masjid Al Haram masih terus berlangsung," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Rahman Tubaka di Ambon, Selasa.

Sedangkan rincian untuk kabupaten dan kota, lanjutnya, masih menunggu keputusan Gubernur Maluku.

"Dalam waktu dekat rincian jumlah kuota tiap kabupaten sudah bisa dipastikan dan akan diteruskan ke kabupaten dan kota yang ada di wilayah ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, menurut informasi pembagian kuota per kabupaten kota masih berada di Biro Hukum Kantor Gubernur Maluku, dan sampai sekarang belum dikirim ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku guna disampaikan ke kabupaten dan kota.

"Jadi kami tunggu saja, kalau sudah, disampaikan langsung dari Kantor Wilayah ke kabupaten kota agar semua para calon jamaah haji yang sudah memiliki porsi guna berangkat, sudah bisa mempersiapkan diri, di samping semua administrasi terkait dengan keberangkatan nanti," katanya.

Kemudian,lanjutnya, kegiatan persiapan menuju Tanah Suci sudah mulai dari manasik haji, pemeriksaan kesehatan, pembuatan paspor sampai pada pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sudah bisa disiapkan para calon haji.

Dia menambahkan, kuota haji tahun 2014 sebanyak 569 orang dan yang berhasil berangkat sebanyak 567 orang yang dilepas oleh Gubernur Maluku menuju embarkasi pada tanggal 11 September 2014.

Dengan kuota 569 orang, lanjutnya, maka para calon haji akan terbagi atas dua kelompok penerbang (Kloter) seperti yang terjadi tahun 2014.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015