Supaya masyarakat yang akan mendapatkan rumah sederhana tersebut semakin ringan."
Palembang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membantu pembanguna fasilitas sejuta rumah untuk masyarakat berpengasilan rendah karena telah diprogramkan pemerintah sekarang ini.

Pemerintah akan membantu pembangunan fasilitas di areal sejuta rumah tersebut, kata Presiden menjawab pertanyaan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Ishak Mekki di Palembang, Rabu, saat telewicara peresmian sejuta rumah.

Presiden Jokowi mengemukakan, jalan, fasilitas air bersih dan penerangan di areal perumahan masyarakat berpenghasilan rendah itu akan dibantu melalui dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Supaya masyarakat yang akan mendapatkan rumah sederhana tersebut semakin ringan," kata Presiden.

Presiden Jokowi menekankan, hal yang lebih penting adalah ketersediaan lahan untuk pembangunan rumah bagi masyarakat berpengasilan rendah.

Lahan harus sudah tersedia terlebih dahulu supaya pembangunan rumah tersebut bisa berjalan lancar, kata Presiden.

Presiden menyatakan, "Jangan sampai nantinya pemerintah pusat menganggarkan dana untuk pembangunan fasilitas perumahan tersebut, tetapi lahannya berlum tersedia."

Program sejuta rumah tersebut tidak lain untuk membantu masyarakat kurang mampu secara ekonomi dalam mendapatkan tempat tinggal permanen yang layak, demikian Presiden Jokowi.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015