Surabaya (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberi garansi kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini selama dua periode untuk diusung kembali dalam Pemilihan Kepala Daerah pada Desember 2015.

"Ibu Rismaharini termasuk satu di antara lima kepala daerah petahana di Jawa Timur yang sesuai keinginan partai dan dinilai mampu melaksanakan tugas kerakyatannya," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di sela tes uji kelayakan calon kepala daerah di Kantor DPD PDIP Jatim di Surabaya, Sabtu.

Selain Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Bupati Kediri Haryanti Soetrisno, dan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar, juga disebut-sebut sebagai calon kuat yang diusung kembali oleh PDIP.

Hasto menjelaskan, kelima kepala daerah petahana itu bahkan diberi kesempatan tidak mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan bersama bakal calon kepala daerah lainnya di Kantor DPD PDIP Jatim, melainkan langsung di hadapan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Saya diberi tugas oleh ketua umum menghubungi Bu Risma dan Pak Anas untuk tidak perlu datang ke DPD PDIP sekarang, karena nanti langsung ke kantor DPP di Jakarta. Waktu pelaksanaannya belum dipastikan, tapi yang jelas sesegera mungkin," tuturnya.

Anggota DPR RI periode 2004-2009 ini menerangkan sesuai Surat Keputusan 031-A yang mengatur mekanisme penjaringan calon kepala daerah, mereka yang sudah menjabat dan dinilai partai mampu melaksanakan tugas kerakyatan dan menjalankan kebijakan partai maka akan mendapatkan kesempatan kembali.

"Inilah prinsip yang dikedepankan PDIP. Bagi kami, untuk perubahan itu tidak cukup sekali masa kepemimpinan. Apalagi revolusi mental tak hanya aspek fisik, namun mental dan semangat menjadi agen pembangunan yang memang memerlukan waktu," kata Hasto.


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015