Karawang (ANTARA News) - Enam orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka dalam kecelakaan lalu lintas beruntun di jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa.

Kecelakaan yang terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta itu melibatkan empat kendaraan. Satu bus dan tiga kendaraan jenis truk.

Peristiwa kecelakaan itu berawal saat bus "Bina Transport" jurusan Bandung-Bekasi bernomor polisi B-7554-YJ yang dikemudikan Didik melintas dengan kecepatan tinggi di ruas Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 52 arah Jakarta.

Secara tiba-tiba, bus sarat penumpang yang sedang menyalip kendaraannya di ruas Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 52 dari lajur kiri itu oleng, sampai akhirnya menabrak truk yang ada di depannya.

Kemudian truk yang ditabrak bus menabrak truk jenis pick-up yang ada di depannya, dan kendaraan pick-up tersebut menabrak kendaraan truk trailer yang berada di depannya.

Akibat kecelakaan itu, enam orang termasuk pengemudi bus dan seorang kondektur truk meninggal dunia serta 27 orang luka-luka. Kebanyakan korban dalam peristiwa kecelakaan itu merupakan penumpang bus.

Informasi yang berhasil dihimpun, keenam korban meninggal dunia di antaranya Ade, Adin dan Kusnadi yang semuanya tercatat warga Bandung.

Korban meninggal dunia lainnya, Syamsul warga Kecamatan Kotabaru, Karawang; Didik, pengemudi bus yang merupakan warga Bandung serta Nohrudin, kondektur salah satu kendaraan truk, warga Jawa Tengah.

Petugas kemudian membawa korban meninggal dunia dan luka-luka itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Karawang.

Seorang saksi mata, penumpang bus yang selamat, Idris mengatakan, saat itu bus yang dinaiki dipenuhi penumpang. Sebelum memasuki jalan Tol Jakarta Cikampek, bus itu masih menaikkan penumpang sampai akhirnya bus tersebut sesak penumpang.

"Sejak masuk jalan tol Jakarta-Cikampek, pengemudi membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi. Mungkin karena pengemudi mengantuk, sampai terjadi kecelakaan parah. Sebab saat itu peristiwanya pagi hari," kata dia.

Ia mengaku duduk di kursi belakang, jadi hanya mengalami luka ringan. Penumpang yang mengalami luka parah sampai meninggal dunia ialah mereka yang duduk di depan.

Sementara itu, kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Selasa pagi tersebut sempat membuat jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta macet. Diperkirakan, kemacetan terjadi hingga lebih dari 5 kilometer.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015