Jakarta (ANTARA News) - Jelang pekan pamungkas Bundesliga Jerman, yang akan berlangsung pada Sabtu (23/5) pukul 20.30 WIB, lima tim yang menempati peringkat 14 hingga 18 klasemen sementara masih berjuang untuk bisa lolos dari ancaman degradasi ke Divisi 2 Bundesliga.

Mereka secara berurutan menempati peringkat 14-18 adalah SC Freiburg yang saat ini mengoleksi 34 poin, Hannover 96 (34), VfB Stuttgart (33), Hamburg SV (32) dan SC Paderborn 07 (31).

Pertarungan agar terbebas dari degradasi itu kian menarik, apabila menilik laga-laga yang berlangsung di pekan penutup dengan empat dari lima tim tersebut akan berhadapan satu sama lain yakni Freiburg melawan Hannover dan Paderborn menghadapi Stuttgart sementara Hamburg akan berhadapan dengan penghuni peringkat lima FC Schalke 04 (48).

Sebagai informasi dua tim terbawah di klasemen akhir akan otomotasi terdegradasi, sementara penghuni peringkat 16 harus melakoni sebuah laga playoff melawan peringkat tiga klasemen akhir Divisi 2 Bundesliga untuk menentukan siapa yang berhak untuk berkompetisi di Bundesliga pada musim depan, maka berikut adalah skenario-skenario yang dihadapi masing-masing tim untuk memastikan mereka berada di posisi aman.

Paderborn
Di atas kertas, Paderborn tidak memiliki peluang untuk terhindar sama sekali dari ancaman degradasi mengingat mereka kini berada di dasar klasemen, namun tim asuhan Andre Breitenreiter itu setidaknya masih memiliki harapan untuk berlaga di Bundesliga musim depan apabila bisa mengakhiri musim dengan menempati peringkat 16 dan memenangi laga playoff melawan tim yang menempati posisi ketiga klasemen akhir Divisi 2 Bundesliga.

Untuk itu, Paderborn, yang sebetulnya sempat merasakan puncak klasemen pada pekan keempat, harus meraih tiga poin penuh saat menjamu Stuttgart di Benteler-Arena dan di saat bersamaan Hamburg gagal meraih kemenangan saat menghadapi Schalke.

Hamburg
Hamburg saat ini berada di peringkat 17 dengan koleksi 32 poin, mereka akan terselamatkan dari ancaman degradasi dan dapat bertahan di Bundesliga musim depan apabila memenangi laga pamungkas melawan Schalke dan di laga lain Stuttgart gagal memperoleh kemenangan Paderborn serta terdapat pemenang dalam pertandingan antara Freiburg menghadapi Hannover.

Namun apabila Stuttgart gagal menang tetapi terdapat pemenang dalam laga Freiburg melawan Hannover maka meski Hamburg menang atas Schalke, mereka hanya akan finis di peringkat 16 dan harus melakoni laga playoff melawan posisi tiga Divisi 2 Bundesliga demi memutuskan siapa yang berhak berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Jerman musim 2015-2016.

Stuttgart
Stuttgart kini menempati peringkat 16 setelah hingga pekan ke-32 lalu mereka berada di dasar klasemen, namun tim asuhan Huub Stevens itu saat ini memiliki peluang yang cukup besar untuk bertahan di Bundesliga.

Syarat utamanya, mereka harus memperoleh kemenangan saat melawat ke markas Paderborn di laga pamungkas, sebab dengan tambahan tiga poin terlepas dari apapun yang terjadi di laga Hamburg vs Schalke maupun Freiburg kontra Hannover.

Namun apabila mereka hanya mampu bermain imbang melawan Paderborn, mereka setidaknya masih bisa menghindari degradasi mutlak ke Divisi 2 Bundesliga apabila di laga lain Hamburg juga tidak memperoleh kemenangan atas Schalke.

Freiburg dan Hannover
Bagi Freiburg dan Hannover, situasi juga belum aman, sebab di laga pamungkas kedua tim akan saling baku bunuh.

Risikonya, apabila salah satu tim memperoleh kemenangan dan di laga lain Stuttgart menang atas Paderborn dan Hamburg mengalahkan Schalke, maka tim yang dalam pertandingan antara Freiburg dengan Hannover akan otomatis terdegradasi ke Divisi 2 Bundesliga.

Berbagi satu angka mungkin akan menjadi jalan keluar yang cukup baik bagi Freiburg, apapun yang terjadi di laga lain. Namun tidak bagi Hannover, yang apabila hanya memperoleh satu poin tambahan sedangkan di laga lain Stuttgart memperoleh kemenangan, maka tim asuhan Michael Frontzeck itu harus melakoni laga playoff menghadapi posisi ketiga Divisi 2 Bundesliga.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015