London (ANTARA News) - Masyarakat Yunani menilai batik merupakan karya seni sangat menakjubkan dan mereka menyebut "To Batik ine mia endiposiaki texni" yang artinya "batik karya seni yang menakjubkan,"

Hal itu diungkapkan peserta pelatihan membatik yang diselenggarakan KBRI Athena bekerjasama dengan Ionion Centre of Arts and Culture (ICAC) Kefalonia, Yunani, akhir pekan.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena ,John Admiral kepada Antara London, Senin mengatakan, perhatian pemerintah dan publik Kefalonia Yunani untuk mengikuti workshop batik sangat besar dan menyebutkan Batik merupakan karya seni yang menakjubkan.

Besarnya minat masyarakat Kefalonia untuk mengikuti pelatihan membuat KBRI Athena membatasi jumlah peserta 45 orang yang terbagi dalam tiga kelas kategori yaitu seniman, pelajar dan masyarakat umum dengan tiap kelasnya sebanyak 15 orang.

Selain itu, KBRI Athena dan ICAC juga menyelenggarakan satu sesi kelas khusus untuk pelajar yang membutuhkan perhatian khusus atau "special need".

Materi pelatihan dimulai dengan pengenalan batik dengan memberikan pengetahuan awal dan pemahaman peserta tentang batik, diawali dengan penayangan video singkat tentang perkembangan batik di Indonesia dan proses pembuatannya.

Para peserta melakukan tahapan proses membatik mulai dari mencanting, mewarnai dan mengeringkan. KBRI Athena menyediakan semua peralatan dan perlengkapan membatik untuk para peserta.

Untuk mengembangkan materi pelatihan , KBRI Athena memberikan compliment satu set peralatan membatik untuk para peserta yang terdiri dari canting, kain bermotif dan papan lingkaran kain.

Pelatihan membatik mendapatkan perhatian dan sambutan dari masyarakat dan pemerintah kota Kefalonia. Walikota Kefalonia, Mr. Evangelos Kekatos, hadir di ICAC dan menyaksikan langsung pelatihan batik, Sementara stasiun radio setempat mengumumkan kegiatan pelatihan batik di ICAC.

Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa mengatakan, minat dan perhatian pemerintah dan publik Kefalonia terhadap seni budaya Indonesia sangat besar. KBRI Athena mengembangkan kerjasama seni dan budaya dengan ICAC dengan menyelenggarakan kelas memasak kuliner Indonesia dan kelas tari tradisional Indonesia.

ICAC adalah salah satu lembaga pendidikan, riset dan seni internasional terkemuka di Kefalonia, Yunani memiliki kerja sama riset seni dan budaya dengan universitas di Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

Sejak 2010 menyelenggarakan berbagai program pelatihan di bidang pendidikan, riset dan seni dengan mengundang seniman dan akademisi internasional. 

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015