Jakarta (ANTARA News) - Pesawat TNI AU jenis C-130 Hercules dengan nomor ekor A-1310 mengalami kecelakaan jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Berikut nama-nama kru pesawat berdasarkan manifes:
 
Kapten Pnb Sandi Permana (Pilot in Command);
Lettu Pnb Pandu Setiawan (Copilot 1);
Letda Pnb Dian Sukman P, (Copilot 2);
Kapt Nav Riri Setiawan (Navigator);
Serma Bambang H (Juru Radio Udara);
Peltu Ibnu Kohar (Juru Mesin Udara I);
Pelda Andik S, (JMU II);
Peltu Ngateman (Load Master);
Peltu Yahya Komari;
Pelda Agus P;
Prada Alvian;
Parijo.

Sesdispenau Kolonel Sus Sri Gustinisngsih, mengatakan, pesawat yang dipiloti oleh Kapten Pnb Shandy Permana (AAU 2005) itu melaksanakan tinggal landas dari Lanud Suwondo Medan, pada pukul 11.48 WIB menuju Lanud Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dengan misi melaksanakan Penerbangan Angkutan Udara Militer (PAUM).

Pihak TNI AU sedang menyelidiki sebab-sebab kecelakaan, demikian juga jumlah korban sedang dalam proses penelitian lebih lanjut.

PAUM adalah operasi rutin yang dilaksanakan oleh TNI AU berupa pengangkutan personel/prajurit yang melaksanakan pergeseran dinas maupun logistik TNI/TNI AU dari satu Lanud ke Lanud lainya.

Rute penerbangan yang dilalui pesawat tersebut, kata dia, adalah tanggal 29 Juni 2015 berangkat dari Abddurrahman Saleh menuju Adi Sutjipto, Halim Perdanakusuma. Tanggal 30 Juni 2015 dari Halim Perdakusuma menuju Roesmin Nurjadin, Dumai, Suwondo, Tanjung Pinang, Ranai, Supadio (round).

Pada 1 Juli 2015 rencana dari Supadio menuju Ranai, Tanjung Pinang, Suwondo, Dumai Roesmin Nurjadin, Halim Perdanakusuma (round). Kemudian tanggal 2 Juli 2015 pesawat rencana akan kembali ke Lanud Abdurahman Saleh, Malang.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015