Ancaman stabilitas politik dan keamanan pada tingkat daerah perlu diwaspadai."


Jakarta (ANTARA News) - Ancaman ISIS tidak boleh dianggap remeh karena akan mempengaruhi pemuda di berbagai negara, termasuk Indonesia, kata calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso.





“Dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi, jika generasi muda tidak memahami dan mengamalkan Pancasila, maka ideologi ekstrim akan mudah berkembang,” kata Sutiyoso dalam uji kalayakan dan kepatutan calon Kepala BIN di Komisi I DPR RI, Jakarta, Selasa.




Sutiyoso juga menyebutkan, pelaksanaan pemiliahn umum kepala daerah (pilkada) serentak di 269 daerah pada Desember 2015 juga berpotensi menimbulkan konflik.




“Ancaman stabilitas politik dan keamanan pada tingkat daerah perlu diwaspadai. Sepuluh persen atau 27 kabupaten dan kota terjadi masalah dalam pilkada akan terjadi gangguan stabilitas politik,” kata Sutiyoso.




Di bidang pertahanan dan keamanan, ia menilai, ancaman separatisme di beberapa provinsi tetap harus diwaspadai. Gerakan dari luar dan dalam negeri yang memprovokasi separatisme harus dicegah sedini mungkin.





“Ancaman terorisme dan ekstrimisme semakin dinamis. Munculnya seruan dan teror untuk melakukan terorisme di negara masing-masing harus diwaspadai,” kata mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu.




Bidang ekonomi, dikemukakannya, penurunan nilai tukar rupiah juga akan mengganggu stabilitas pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan ekonomi termasuk stabilitas fiskal APBN. 




“Bidang sosial budaya, sentimen SARA masih menjadi ancaman di berbagai daerah dan berpotensi menyulut kerusuhan. Adanya perusahan lingkungan di berbagai daerah dapat memicu kerusuhan sosial,” kata mantan Panglima Daerah Militer (Pangdam) Jakarta Raya itu.




Berkaitan dengan ancaman kejahatan terorganisir layaknya kasus narkoba dan kejahatan keuangan, pedagangan manusia, imigran gelap, pembalakan liar dan penjarahan kekayaan laut semakin membahayakan kepentingan nasional, ujarnya.





“Ancaman perbatasan muncul di darat (Timor Timur, Papua, Kalimantan) maupun di laut karena peningkatan ketegangan di laut China Selatan,” demikian Sutiyoso. 



Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015