Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas menjelang tampil pada seri kelima lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Silverstone, Inggris, Jumat waktu setempat.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jawa Tengah, Jumat malam, menyebutkan Rio yang tergabung dalam tim Campos Racing memimpin di posisi teratas pada sesi latihan bebas dengan catatan waktu 1:40.659.

Rekan satu tim Rio Haryanto, Arthur Pic dari Prancis menempati posisi keenam dengan catatan waktu 1:40.998.

Rio yang berusia 22 tahun ini memimpin pebalap tuan rumah dan juara GP3 tahun lalu, Alex Lynn dari tim DAMS dengan selisih waktu yang tipis, 0,003 detik. Rio juga mengungguli pebalap tes dari tim formula 1 McLaren, Stoffel Vandoorne yang harus puas di posisi tiga.

Hasil ini pun mengukuhkan kualitas Rio sebagai pembalap elit di seri GP2, dan membuka peluang untuk merebut pole position pertama di musim ini.

Sesi latihan bebas berlangsung di kondisi cuaca yang cerah dengan temperatur udara 20 derajat Celcius dan temperatur trek yang mencapai 37 derajat celcius. Dengan kondisi yang bersahabat, ini membuka peluang bagi semua tim dan pebalap untuk mencoba dan mencari setingan yang maksimal.

Saat trek dibuka untuk sesi latihan bebas, Rio langsung turun dengan menggunakan ban keras yang menjadi ban prime untuk balapan minggu ini. Di "stint" pertama tersebut Rio secara luar biasa merebut posisi pertama sementara dengan catatan waktu 1:40.659. Vandoorne yang saat ini masih memimpin klasemen hanya dapat mencatat waktu 0.067 detik lebih lambat. Rio kemudian kembali ke pit untuk melakukan perubahan setup.

Rio kembali turun ke trek untuk mencoba setingan balapan. Sebagai pemimpin sementara sesi latihan, Rio menjadi fokus utama dari kameramen TV yang menyiarkannya ke saluran TV seluruh dunia. Pebalap yang didukung oleh Pertamina tersebut mencatat waktu yang konsisten dan hingga akhir sesi latihan bebas, berhasil menjaga posisinya di posisi pertama.

Usai sesi latihan bebas ini dilanujutkan dengan babak kualifikasi mulai pukul 21.55 WIB di tempat yang sama untuk menentukan nomor urut star para peserta GP2 Series. Kemudian pada Sabtu (4/7) dilanjutkan dengan race pertama atau "feature race" mulau pukul 20.40 WIB dan pada Minggu (5/7) memulai race kedua atau sprint race mulai pukul 15.35 WIB.

Sampai berakhirnya seri keempat di Austria beberapa waktu lalu, pebalap asal Solo, Jateng, menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan total nilai 70 atau terpaut sembiolan poin dengan posisi kedua yang ditempati Alexander Rossi dari tim DAMS dengan nilai 79 sedangkan posisi pertama ditempati pebalap tim ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan total nilai 155.

Kemudian secara tim Rio Haryanto bersama Arthur Pic di Campos Racing menempati posisi ketiga dengan total nilai 91, posisi kedua ditempati Racing Engineering dengan nilai 97 dan pertama adalah ART Grand Prix dengan nilai 184. 

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015