New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street melonjak pada Jumat (Sabtu pagi WIB),  didorong harapan akan terobosan Yunani melalui proposal dana talangan terbarunya.

AFP melaporkan, Dow Jones Industrial Average berakhir naik 211,79 poin (1,21 persen) menjadi 17.760,41.

Indeks berbasis luas S&P 500 melonjak 25,31 poin (1,23 persen) menjadi ditutup pada 2.076,62, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq bertambah 75,30 poin (1,53 persen) menjadi 4.997,70.

Saham-saham berada di wilayah positif sepanjang hari setelah rencana penyelamatan terbaru Athena yang memasukkan mengakui poin-poin penting termasuk pajak dan pensiun.

Proposal ini disambut baik oleh para pejabat Prancis dan Italia, sementara para pejabat Jerman lebih berhati-hati.

Lonjakan pasar AS adalah karena "optimisme tentang kemungkinan mendapatkan kesepakatan dengan Yunani," kata Bill Lynch, direktur investasi pada Hinsdale Associates.

Saham-saham perbankan menguat dengan anggota Dow JPMorgan Chase bertambah 1,4 persen dan Citigroup naik 1,6 persen.

Apple menghentikan lima hari beruntun, maju 2,7 persen.

United Continental naik 4,2 persen setelah memperkirakan pendapatan penumpang per mil, patokan utama, turun antara 5,25-5,75 persen di kuartal kedua, konsisten dengan ekspektasi para analis. Angka "sementara mengecewakan dibandingkan harapan triwulan sebelumnya, tidak lebih buruk dari yang diharapkan," kata Barclays.

American Airlines naik 3,9 persen setelah memangkas proyeksinya untuk penambahan kursi pada 2015 menjadi satu persen, turun dari pertumbuhan dua persen yang direncanakan sebelumnya. Langkah ini dipandang sebagai kemungkinan meningkatkan harga kursi yang lebih tinggi.

Perusahaan bioteknologi Biogen kehilangan 2,8 persen di tengah berita bahwa Douglas Williams, wakil presiden eksekutif penelitian dan pengembangan, akan meninggalkan perusahaan untuk memimpin perusahaan startup yang belum disebutkan namanya.

Perusahaan daring (online) real estat Zillow tenggelam 7,8 persen setelah mengumumkan kepala keuangannya Chad Cohen akan mengundurkan diri bulan depan. Zillow mengatakan sedang melakukan pencarian untuk CFO baru.

News Corp naik 0,6 persen menjelang peluncuran "Go Set a Watchman," pekan depan, novel sangat diantisipasi oleh Harper Lee. Bab pertama dari buku, yang diterbitkan oleh HarperCollins, dicetak di Wall Street Journal pada Jumat. Keduanya, HarperCollins dan The Wall Street Journal dimiliki oleh News Corp.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,40 persen dari 2,30 persen pada Kamis, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,19 persen dari 3,10 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah.
(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015