Presiden bertolak dari Aceh menuju Solo."
Banda Aceh (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana lepas landas dari Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, pukul 16.15 WIB setelah merayakan Lebaran bersama masyarakat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Presiden bertolak dari Aceh menuju Solo," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi Aceh, Ali Alfata, di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengatakan, selama berada di provinsi ujung paling barat Indonesia itu, Presiden melakukan kegiatan di dua kabupaten yakni di Meulaboh, Aceh Barat dan Kota Banda Aceh.

Ali Alfata mengatakan Gubernur Aceh Zaini Abdullah beserta istri Niazah A. Hamid, Wali Nanggroe Malik Mahmud dan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh turut mengantar Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana melaksanakan Shalat Hari Idul Fitri 1436 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Setelah melakukan Shalat Idul Fitri, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menuju ke PLTD Apung, Gampong Punge Blang Cut, Banda Aceh untuk bersilaturrahim dengan masyarakat sekitar.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden membagikan 1.000 paket sembako kepada warga sekitar PLTD Apung di Punge Blang Cut.

Presiden Jokowi juga membagikan 1.000 paket sembako kepada masyarakat di Masjid Besar Pahlawan, Gampong/desa Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Dalam kunjungannya selama di ibu kota Provinsi Aceh itu, orang nomor satu di Republik Indonesia itu membagikan langsung kepada masyarakat dan makan bersama dengan menu tradisional, termasuk sayur kuah Beulagong.

Presiden Jokowi juga melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Agung Al Makmur Lamprit, Banda Aceh.

Pada Kamis malam Presiden Joko Widodo melepas pawai takbir akbar menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah yang berlangsung di halaman Depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Presiden berada Provinsi Aceh sejak 15 sampai 17 Juli 2015 dalam kunjungan kerja sekaligus merayakan Lebaran.

Dalam kunjungannya ke Tanah Rencong, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015