... belajar dari ulat, dia punya tekad berubah jadi lebih baik, meski banyak godaan, dia tetap bersabar dalam kepompong, setelah melewati ujian dia pun berubah jadi kupu-kupu...
Jakarta (ANTARA News) - Ramadhan adalah ajang metamorfosis bagi umat manusia untuk menjelma menjadi makhluk yang lebih baik lagi, kata ustaz Slamet Taufik, dalam khotbah Idul Fitri, di Masjid Al Falah, Jakarta Timur, Jumat. 

"Kita belajar dari ulat, dia punya tekad berubah jadi lebih baik, meski banyak godaan, dia tetap bersabar dalam kepompong, setelah melewati ujian dia pun berubah jadi kupu-kupu," ujar dia. Kupu-kupu yang cantik... 

Berbagai ibadah yang dilakukan selama Ramadhan adalah pelatihan untuk membuat manusia menjadi orang yang lebih beriman dan bertakwa. 

Tarawih, misalnya, melatih manusia mendekatkan diri dengan Allah SWT karena banyak orang kerap hanya memikirkan urusan duniawi. 

Sedekah yang dianjurkan selama bulan suci, termasuk zakat fitrah, adalah pelatihan untuk mempererat hubungan antar sesama manusia. 

"Jika sebelum Ramadhan, kita masih sering marah, lalu ditahan saat Ramadhan, namun kemudian kembali lagi setelah Ramadhan, sia-sia puasa kita," imbuh dia. 

Semua perubahan haruslah dimulai dari setiap manusia karena Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila kaum itu tidak mengubahnya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015