Sudah di Wamena, pagi tadi saya cek, tetapi dari Wamena menuju ke puncak, Lanny Jaya memang cuacanya ..."
Banda Aceh (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan terus memantau dan mendapatkan laporan mengenai penanganan tanggap bencana cuaca ektrem di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, termasuk pengiriman bantuan pemerintah.

"Sudah kita kirim dua hari lalu. Sudah di Wamena, pagi tadi saya cek, tetapi dari Wamena menuju ke puncak, Lanny Jaya memang cuacanya, mudah-mudahan hari ini bisa sampai," kata Presiden jelang bertolak dari Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh menuju Solo, Jumat.

Bantuan pemerintah untuk korban cuaca ekstrem yang mengakibatkan hujan es di Lanny Jaya itu, menurut Presiden dikirim pada Rabu (15/7) di Wamena, namun masih menghadapi masalah gangguan cuaca untuk sampai ke lokasi yang dibutuhkan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

Pemerintah mengirimkan bantuan seberat 50 ton, dan sudah ada pesawat yang siap mengantar dari Wamena ke Lani Jaya.

Presiden menambahkan, bantuan diharapkan dapat segera sampai ke penduduk korban bencana alam, dan pemerintah terus memantau perkembangan penanganannya.

Kawasan Lani Jaya pada 3 Juli 2015 mengalami hujan es yang melanda kampung-kampung di Distrik Wano Barat. Hal serupa terjadi 5 Juli, dan hujan es terjadi selama semalaman hingga mengakibatkan ada penduduk tewas, ternak mati dan tanaman membusuk.

Pewarta: Panca Hari Prabowo dan Yudi Mahatma
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015