Jakarta (ANTARA News) – Sutradara Ismail Basbeth berpendapat kunci dalam menghadapi perbedaan adalah dengan menerima perbedaan tersebut.

“Kalau kita tidak mulai menerima pasti akan terjadi sesuatu,” kata Ismail saat dihubungi Antara News, di Jakarta, Sabtu.

Ismail, yang beragama Islam, pernah punya pengalaman dengan keberagaman beragama saat sedang pengambilan gambar untuk filmnya “Mencari Hilal”, yang mulai tayang di bioskop beberapa waktu lalu.

Saat itu, ia mengontrak rumah di suatu desa dan bertetangga dengan keluarga yang menganut agama Katolik.

Keluarga tersebut sangat membantu laki-laki berusia 29 tahun ini dalam merawat anak pertamanya. Ibu sutradara yang tinggal di Yogyakarta ini, yang sedang berkunjung dan tergolong kaku, sangat tersentuh dengan kebaikan keluarga tersebut meski sempat terkejut ketika mengetahui mereka memeluk agama yang berbeda.

Perbedaan menurut lulusan komunikasi Universitas Muhammdiyah Yogyakarta ini merupakan realita yang sudah ada di bumi sejak manusia diciptakan.

Ia mengaku cukup mudah dalam membuat “Mencari Hilal”, yang juga bertema penerimaan dan perbedaan, karena realita yang ada Indonesia terdiri dari berbagai macam suku maupun agama.

“Jangan menggarisi perbedaan. Tapi, duduk bareng selesaikan persoalan,” kata dia.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015