Kami berharap FKUB bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa memberikan kedamaian di tengah-tengah masyarakat."
Pangkalpinang (ANTARA News) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengajak jajaran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama para tokoh masyarakat di daerah itu menjaga iklim kondusif menjelang pilkada serentak 9 Desember 2015.

"Kami berharap FKUB bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat lebih mendekatkan diri dan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi berbagai masalah yang menghambat tahapan pelaksanaan pilkada," kata dia di Pangkalpinang, Selasa.

Apalagi, menurut gubernur, saat ini banyak pemberitaan-pemberitaan di media massa yang bernuansa politik, SARA, serta sosial dan budaya yang kurang baik dan dapat memicu terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat.

"Kami berharap FKUB bersama para tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa memberikan kedamaian di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, saat ini kondisi keamanan dan ketertiban di masyarakat masih kondusif dan harus tetap dijaga.

"Menjaga kondisi kondusif ini merupakan tanggung jawab bersama dan tidak bisa ditawar-tawar lagi, sehingga tahapan dan pelaksanaan pilkada ini berjalan lancar dan melahirkan pemimpin yang berkualitas," ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang tidak jelas dan memecah kekompakan dan persatuan.

"Menjelang pilkada ini isu SARA, sosial dan budaya sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan semata dengan memancing kerusuhan di masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015